oleh

HUT Persib 87: Lahir Dari Para Pejuang, Tumbuh di Kota Kembang, Diabadikan Para Pemenang

Bandung, BANGBARA.COM. – Tepat di hari ini 14 Maret, salah satu Klub Sepakbola terbesar di Indonesia yang juga menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat (Jabar), Persib Bandung merayakan hari jadinya yang ke 87 tahun.

Sebelum lahir nama Persib, pada tahun 1923 di Kota Bandung berdiri Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB). BIVB ini merupakan salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis pada masa itu.

BIVB kemudian menghilang dan muncul dua perkumpulan lain bernama Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB). Pada 14 Maret 1933 kedua klub itu sepakat melebur dan lahirlah perkumpulan baru yang bernama Persib.

Sejak saat itu, nama Persib Bandung kerap muncul menorehkan prestasi di Kompetisi Sepakbola baik level Nasional maupun Internasional, beberapa diantaranya menjadi Juara Perserikatan (5 kali) pada tahun 1939, 1961, 1986, 1990 dan 1994, Juara Liga Indonesia / Liga Super Indonesia tahun 1995 dan 2014, Turnamen Nasional Siliwangi Cup Juara (4 kali) tahun 1981, 1989, 1994, dan 2000, Soeratin Cup Juara (2 kali) tahun 2003 dan 2006, Juara Persija Cup tahun 1991, Juara Kang Dada Cup tahun 2008, Juara Celebes Cup tahun 2012, Juara Piala Walikota Padang tahun 2015, Juara Piala Presiden tahun 2015, Juara Pesta Sukan (Sultan Brunei Cup) tahun 1986, dan Lolos Perempat Final Liga Champions Asia tahun 1995.

Dengan sederet prestasi yang telah di raih, tak aneh jika kemudian muncul para fans fanatik dari tim berjuluk Maung Bandung dan Pangeran Biru ini, yang dikenal dengan nama Bobotoh. Dalam bahasa sunda, bobotoh berarti pendukung, memberikan dukungan, dorongan, dan semangat.

Salah satu bukti antusiasme bobotoh yang tercatat dalam sejarah Sepakbola Indonesia adalah saat final Perserikatan di Senayan (Stadion Utama Gelora Bung Karno) yang mempertemukan Persib dan PSMS Medan tahun 1983. Lebih dari 100.000 boboth menuju Jakarta dari berbagai daerah di Jabar. Bahkan, Gubernur Jabar saat itu, Aang Kunaifi meminta agar aktivitas di Jabar saat pertandingan final dihentikan sementara guna memberikan dukungan kepada Persib.

Baca Juga,  Bocah Usia Dua Bulan Dicekoki Shabu, Begini Akibatnya

Merayakan usia 87 tahun, Tim Persib Bandung mengadakan syukuran sederhana yang di hadiri oleh Komisaris H. Umuh Muchtar, Pelatih Robert Rene Alberts dan skuadnya dengan melakukan prosesi tumpengan dan makan bersama.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk Persib. Ini bisa menjadi momentum kebangkitan buat kita semua, Insya Allah kita bisa menjadi juara dan menjadi yang terbaik di Indonesia. Kita hanya sementara, tapi PERSIB Salawasna!”, ujar Umuh seperti di kutip dari situs resmi Persib.co.id

Pelatih Robert juga berharap dapat memberikan kado ulang tahun berupa kemenangan saat Persib akan menghadapi PSS Sleman dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat yang direncanakan kick-off pada 18.30 WIB, pada Minggu (15/03/2020).

“Ini akan menjadi hadiah yang indah, jika kami berhasil meraih kemenangan bagi siapapun yang mencintai Persib Bandung dengan memberikan kemenangan dan tiga poin,” ucap Roberts.

Berikut ucapan dan doa yang disampaikan beberapa punggawa Persib Bandung seperti dikutip dari Youtube Persib TV:

https://www.youtube.com/watch?v=mA1eeCFHr5Y

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed