oleh

Horee, Mulai Juli Selain E-KTP dan KIA Warga KBB Bisa Cetak Adminduk Sendiri Dengan Kertas HVS

Link Banner

Ngamprah, BANGBARA.COM. – Terhitung 1 Juli 2020, selain Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) dan Kartu Indentitas Anak (KIA), masyarakat bisa mencetak sendiri dokumen kependudukan menggunakan kertas HVS A4 80 gram.

Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Hendra Trismayadi yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/07/2020).

Link Banner

“Kini masyarakat sudah bisa mencetak dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Surat Kematian, Akte Perkawinan, dan dokumen lainnya dapat dilakukan sendiri kecuali E-KTP dan KIA, tanpa harus capek-capek ke Kantor Disdukcapil atau Kecamatan”, ujar Hendra.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 Tahun 2019, yang bertujuan memudahkan masyarakat dalam hal administrasi kependudukan yang murah, aman, cepat, tepat, tanpa biaya, maka digunakan secara sistem online.

“Untuk itulah di KBB terhitung sejak 1 Juli 2020 sistem layanan online dengan Program Sistem Informasi Daftar Layanan Online (SIDILAN) sudah resmi berjalan”, ungkapnya kembali.

Dilanjutkan Hendra, cara ini sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Namun sistem online ini akan terus dioptimalkan ke depannya bukan hanya karena ada pandemi Covid-19 saja melainkan akan terus diberlakukan.

Pengumuman Penggantian Media Cetak Adminduk KBB.
Pengumuman Penggantian Media Cetak Adminduk KBB.

“Tinggal masyarakat harus membiasakan diri untuk menggunakan sistem online, walaupun mungkin kendala memang ada seperti belum semua masyarakat memiliki Handphone atau internet. Namun itu hanya masalah teknis yang saya yakin tidak akan jadi penghalang”, ucap Hendra kembali.

Hendra menjelaskan masyarakat tinggal mendaftar di SIDILAN, lalu memberikan nomor HP atau alamat email masing-masing melalui online. Selanjutnya petugas akan memproses permohonan masyarakat.

Setelah permohonan diproses dan ditandatangani secara elektronik oleh Kepala Disdukcapil, sistem aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) akan mengirimkan notifikasi kepada masyarakat melalui SMS dan email.

Baca Juga,  Menkeu Pastikan Gaji ke-13 PNS Cair Hari Ini

Informasi yang diberikan berupa link web atau format PDF untuk cetak dokumen kependudukan dan PIN pada email. PIN diberikan untuk memastikan keamanan dari dokumen yang akan dicetak.

“Setelah itu, tinggal di cetak menggunakan kertas HVS A4 80 gram, jangan ukuran atau berat yang lain. Tidak usah takut itu dipastikan sah, karena sudah diatur dalam Pasal 12 Permendagri Nomor 109 Tahun 2019”, terang Hendra.

Pernyataan ini di amini oleh Sekretaris Disdukcapil KBB Agus T Ruhanda yang juga ditemui di ruang kerjanya, menyebutkan bahwa masyarakat akan dimudahkan untuk masalah dokumen kependudukan melalui cara dan sistem online ini.

“Sumber Daya Manusia (SDM) berupa petugas operator, lalu peralatan, jaringan, dan lainnya sudah kita siapkan. Selain KTP dan KIA, masyarakat sudah tidak perlu repot lagi untuk mengurus dan mencetaknya”, jelas Agus.

Dirinya menambahkan, untuk KTP juga sudah dimaksimalkan melalui sistem online. Walaupun Disdukcapil KBB belum ada anggaran untuk server khusus, namun bisa dimaksimalkan dengan yang ada saat ini.

“Untuk KTP juga sudah dimaksimalkan sistem online mulai 1 Juli 2020 ini. Masyarakat tinggal mendaftar ke website secara online, lalu lakukan proses perekaman di Kecamatan, setelah jadi akan dapat pemberitahuan, selanjutnya tinggal pilih mau ambil sendiri atau di antar Ojek Online (Ojol)“, pungkasnya.

Halaman Facebook Disdukcapil KBB.
Halaman Facebook Disdukcapil KBB.

Untuk kebutuhan online masyarakat KBB dapat melakukanya di http://disdukcapil.bandungbaratkab.go.id dan untuk informasi terbaru, masyarakat juga bisa mendapatkan di halaman Facebook Disdukcapil.KBB.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed