oleh

Hari Habitat Sedunia 2020, DLH KBB Terus Berupaya Ciptakan Lingkungan Tempat Tinggal Bebas Sampah

Link Banner

BANGBARA.COM. – PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) menetapkan hari Senin pertama di bulan Oktober setiap tahun sebagai Hari Habitat Sedunia. Hari ini ditetapkan oleh PBB pada tahun 1985 dan dirayakan pertama kali pada tahun 1986 di Nairobi dengan tema ‘Rumah adalah hak saya’ (Shelter is my right).

Peringatan Hari Habitat Sedunia bertujuan untuk merefleksikan keadaan perkotaan dan pemenuhan hak dasar untuk tempat tinggal yang layak.

Link Banner

Peringatan ini menjadi refleksi bagi kita semua bahwa kita memiliki kemampuan dan tanggung jawab bersama atas masa depan kota dan tempat tinggal kita.

Indonesia pernah 2 kali menjadi pusat penyelenggaraan Hari Habitat Sedunia, yaitu tahun 1989 dengan tema ‘Rumah, Kesehatan dan Keluarga’ dan tahun 2005 dengan tema ‘Tujuan Pengembangan Milenium dan Kota’.

Dan kini Pada tanggal 5 Oktober 2020, Indonesia kembali menjadi tuan rumah yang bertempat di surabaya, dalam memperingati hari habitat dunia dengan tema Housing For All A Better Urban Future atau Perumahan Untuk Semua Masa Depan Perkotaan yang Lebih Baik.

Hari habitat dunia kali ini merefleksikan keadaan perkotaan dan tentang hak dasar Semua orang atas dasar tempat tinggal kita yang layak.

Dunia kembali memanggil kita, untuk Bergerak bersama dan berkontribusi hal nyata untuk mewujudkan kota yang lebih baik di masa depan.

Kota di mana semua penghuninya mendapatkan kemudahan, mudah memiliki rumah yang nyaman untuk ditinggali, namun dilengkapi pula dengan sarana dan prasarana permukiman yang layak.

Salah satu masalah utama yang biasa terjadi di perkotaan adalah masalah sampah. Jumlah limbah yang dihasilkan oleh individu bertambah setiap hari dan sering kali membebani pemerintah terkait regulasi, anggaran dan pengelolaan.

Permasalahan pengelolaan sampah ini terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Bandung Barat (KBB), dimana Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sebagai pihak yang menangani masalah persampahan tak pernah berhenti menunjukkan kepeduliannya.

Baca Juga,  Puluhan Photographer Bandung Raya Kumpul di Cafe Duarupa, Intip Jepret 5 Model Cantik

Berikut adalah beberapa hal dan kegiatan yang dilakukan DLH KBB sebagai wujud kepedulian terhadap masalah persampahan di KBB.

Pertama, melakukan gerakan Operasi Tangkap Tangan (OTT) semalam penuh hingga pagi di sekitar wilayah pusat wisata Lembang, pada Kamis Malam, (13/02/2020) untuk menyingkapi maraknya oknum yang suka membuang sampah sembarang baik di jalanan ataupun tempat umum, dimana akhirnya petugas berhasil menangkap belasan warga nakal yang membuang sampang sembarangan.

Kedua, dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, bersama Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan sekitar 5000 orang dari berbagai elemen masyarakat, Pemerintah Daerah, dan Lintas Komunitas ini, melakukan aksi bersih-bersih sampah di kawasan Objek Wisata Situ Ciburuy, Padalarang, pada Minggu (23/02/2020).

Ketiga, bersama petugas UPT Kebersihan dibantu juga oleh para anggota Karang Taruna Desa, selama 2 hari melakukan pembersihan di lokasi tempat pembuangan sampah di pinggiran jalan Curug Cimahi, Jalan Kolonel Masturi arah Cisarua Lembang, Desa Cihanjuang Rahayu, dan  Kecamatan Parongpong, pada Rabu, (06/05/2020).

Keempat, bersama Bupati Aa Umbara Sutisna meresmikan Kampung Kurang Sampah di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, pada Selasa (14/07/2020), yang mana Desa tersebut sudah dapat menata sampah dengan baik, dari mulai membuat sampah menjadi bio gas, sampai merubah sampah menjadi pupuk.

Kelima, mendukung keberadaan Bank Sampah yang ada di RW02, Desa Saguling, Kecamatan Saguling yang mengumpulkan sampah dari masyarakat, pada Selasa (28/07/2020). Walau belum sempurna karena baru dapat memilah sampah kering, namun hal ini dapat menjadi contoh bagi warga Desa lain.

Yang terbaru, dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD) 2020, bersama Gabungan Komunitas dari Lintas Komunitas KBB, melaksanakan aksi bersih-bersih sampah di wilayah Jalan Gedonglima, Padalarang, pada Sabtu (19/09/2020).

Baca Juga,  Puting Beliung Hantam Cililin KBB, 17 Rumah Porak Poranda, Ini dia Datanya
Kepala DLH KBB, Apung Hadiat Purwoko.
Kepala DLH KBB, Apung Hadiat Purwoko.

Apung Hadiat Purwoko, selaku Kepala DLH KBB beserta jajarannya tak pernah bosan untuk mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan untuk tidak membuang sampah sembarangan demi kebaikan semua pihak.

“Sebenarnya sampah bisa menjadi ibadah, dengan cara memberikan sampah kepada petugas, nantinya sampah akan bisa di olah. Dengan sendirinya bisa membuka lapangan kerja baru kan untuk mengolah sampah-sampah tersebut”, tuturnya.

Pentingnya kesadaran menjaga lingkungan, menurut Apung tidak bisa hanya dari Pemerintah saja, namun juga semua pihak termasuk masyarakat yang akan langsung merasakan dampaknya.

Dirinya juga meminta disaat pandemi Covid-19 ini agar masyarakat mau menjaga kebersihan, kembali pada Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS), dimana didalamnya Pemerintah juga sudah membuat Program K3 (Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban).

“Mari bersama jaga kebersihan, lingkungan dan keasrian Bandung Barat bersama. Jika kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan sudah tinggi, maka otomatis lingkungan akan menjadi bersih dan sehat yang jelas akan berdampak positif bagi kehidupan”, pungkasnya.

Dimasa Covid-19 ini, aktivitas tergeser kembali ke rumah masing-masing. Mari tetap produktif, sehat, dan bersih selama di rumah, dan pastikan kota kita jadi aman, indah, dan layak huni untuk semua. Saatnya, Mari Menata Rumah Untuk Masa Depan Perkotaan yang Lebih Baik. Selamat Hari Habitat Sedunia 2020. (ADV)

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner

Komentar

News Feed