oleh

Gedung Sate Terpaksa Ditutup, 40 Pekerja Terkonfimasi Positif Covid-19

Link Banner

Bandung, BANGBARA.COM. – Gedung Sate yang juga merupakan Kantor Gubernur Jawa Barat (Jabar) akan ditutup sementara selama 14 hari, setelah sedikitnya 40 orang pegawai terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal ini diungkapkan Ketua Harian Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, dalam Konferensi Pers yang dilakukan di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (30/07/2020).

Link Banner

“Bahwa betul di Gedung Sate ada yang terkonfirmasi positif sebanyak 40 orang tersebar di beberapa biro. Bahwa dari 40 orang ini sebetulnya yang Pegawai Negeri Sipil (PNS) kurang lebih 17, non PNS 23 orang. Kita belum bisa memastikan sumber penularan dari mana, tapi saat ini kami sedang cari tahu”, ungkap Setiawan yang juga merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar.

Dijelaskan Setiawan, Sebanyak 40 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu sebelumnya mengikuti tes swab massal yang dilakukan Gugus Tugas Jawa Barat selama tiga hari berturut-turut sejak Minggu (26/07/2020) lalu yang diikuti oleh 1.260 orang.

Ditambahkannya, pengetesan terhadap penghuni Gedung Sate dilakukan berdasarkan instruksi Ketua Gugus Tugas Jawa Barat Ridwan Kamil. Pengetesan pada masa AKB tetap perlu dilakukan untuk memastikan tidak ada penyebaran virus.

“Ketika Ketua Gugus Tugas menginstruksikan kepada kami untuk melakukan tes proaktif, kita bisa melihat memang ada kasus yang selama ini mereka tidak terlihat, tidak bergejala”, jelasnya kembali.

Setiawan menyebut Gedung Sate selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini terbuka aksesnya untuk umum hingga banyak pengunjung dan juga yang melakukan studi banding. Sehingga belum dapat kita pastikan sumber penularan dari eksternal atau internal.

“23 orang non-PNS yang dinyatakan positif di antaranya petugas keamanan, kebersihan dan staf di beberapa biro di Gedung Sate. Mayoritas yang terpapar merupakan warga Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kota Cimahi”, lanjutnya.

Baca Juga,  Miris, Madrasah di Cipongkor Ini Atapnya Ambrol, Hampir Roboh Butuh Bantuan

Adapun dari sisi usia, Setiawan mengatakan sebanyak 40 persennya berasal dari umur 31-40 tahun. Lalu 30 persen berusia 20-30 tahun. Sedangkan, sisanya di atas 50 tahun dan di bawah 20 tahun.

“Kita harus ambil hikmahnya. Instansi Pemerintah yang sudah memberlakukan kapasitas 50 persen, melakukan disinfeksi, menyediakan cuci tangan, masih juga ini bisa kecolongan. Karena itu saya rasa protokol kesehatan harus kita pegang dan disiplin”, pungkasnya.

Selama masa penutupan Gedung Sate terhitung mulai Kamis 30 Juli hingga 14 Agustus 2020 mendatang, seluruh PNS dan non PNS di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jabar juga diminta untuk bekerja dari rumah.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran No.800/117/UM tentang penyesuaian sistem kerja bagi PNS Setda Jabar yang ditandatangani Setiawan Wangsaatmaja selaku Sekda Provinsi Jabar.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed