oleh

DPRD KBB Pertanyakan Tindak Lanjut Nota Komisi 1 Kepada Pemda, Terkait PK Pasar Lembang

Padalarang, BANGBARA.COM.- Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Wendi Sukmawijaya, mempertanyakan terkait tindak lanjut nota komisi yang diajukan pihaknya kepada Pemerintah Daerah (Pemda) KBB pada akhir Desember 2020 lalu.

Nota komisi tersebut berisi permintaan kepada Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, untuk segera mengambil upaya hukum terkait Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung (MA) nomor 446 PK / Pdt/ 2020 jo, serta mendorong inspektorat daerah untuk melaksanakan pemeriksaan dan penelaahan buku letter C Desa Lembang secara detail.

“Kami menunggu tindak lanjut pendisposisian oleh kepala daerah (Bupati KBB) kepada inspektorat daerah, menindak lanjuti putusan PK MA terkait tanah persil 74 Blok Pasar Lembang,” tutur Wendi, Senin, (11/1/2021).

Wendi menjelaskan, terkait dengan polemik ini, pihak Kecamatan Lembang pun dengan tegas menyatakan bahwa Pemda KBB wajib mempertahankan asset tersebut.

“Pihak Pemda harus punya hati. Polemik ini jangan terus berkelanjutan, karena menyangkut hajat hidup masyarakat kita,” tandas Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Sengketa tanah persil 74 blok pasar tersebut saat ini sedang dalam pemantauan serius oleh pihak legislatif dan eksekutif. Wendi berujar bahwa pihaknya akan menyiapkan pengacara terbaik setelah ditemukannya “bukti baru” (novum).

“Kami akan menyiapkan ahli hukum dan ahli akademisi yang keilmuannya bisa memberikan pencerahan kepada pihak Pemda. Langkah ini sebagai sinergitas untuk memperjuangkan asset Pemda agar tidak jatuh ke tangan yang tidak tepat,” ujar dia.

Wendi mengingatkan agar Pemda KBB tidak melakukan kekeliruan atau kelalaian saat mengambil langkah-langkah hukum dalam penanganannya.

“Kami berharap pihak Pemda serius dan berjalan sinergis dalam mempertanggung jawabkan asset dan keuangan daerah ini kepada masyarakat Kabupaten Bandung Barat,” pungkasnya.

Baca Juga,  Paguron Pencak Silat Pusaka Medal Wangi Saguling, Latih Puluhan ABG Penerus Budaya

 

Reporter: Mohammad Addien

Editor: En-En

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed