oleh

DPMD KBB Kucurkan DD Total 152 Milliar

NGAMPRAH – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung Barat (KBB), menggelontorkan Dana Desa (DD) sebesar Rp60.934.512.000.000  pada tahap kedua ini. Dana tersebut sudah berada pada Rekening daerah, untuk dikucurkan pada 165 desa se-KBB dengan besaran variatif. Namun saat ini baru 15 Desa yang mengajukan nya.

Kebutuhan akan Pembangunan Desa di Kabupaten Bandung Barat, menjadi keharusan untuk menjamin kesejahteraan masyarakat dalam infrastruktur, sehingga roda perekonomian di Bandung Barat semakin lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Dalam hal ini Rambey selaku Kabid Penataan dan Pengelolaan Desa mengatakan bahwa , Total Dana Desa yang di kucurkan dari DPMD Bandung Barat pada tahun 2017 ini sebesar 152 Milliar.

“ Itu terdiri dari dua kali termen, yang pertama DD di turunkan berkisar 91.1 Miliar dan yang kedua di bulan Oktober ini yaitu 60.9 Milliar. sehingga Total DD yang sudah dikeluarkan untuk kebutuhan Desa yaitu sebesar 152 Miliar di Tahun 2017 ini” Tutur Rambey di Ngamprah ( 24/10/2017).

Rambey pun menambahkan bahwa pemberian dana yang di berikan untuk Desa ada 3 jenis yaitu ADD ( Anggaran Dana Desa) yang terdiri dari tiga tahap pencairan dalam setahun, lalu Bagi Hasil Pajak dan Dana Desa ( DD) di berikan dalam dua tahap dalam satu tahun. Saat disinggung Desa Citatah yang penerima DD terbesar pada tahun 2017 yaitu sebesar 469 Juta, Rambey memaparkan.

“besar kecilnya bantuan Dana Desa yang di berikan itu dilihat dari Luas wilayah, Jumlah Penduduk, Angka Kemiskinan, Dan IKG ( Index Kesulitas Geografis ) sehingga tidak semua Desa menerima Anggaran yang sama” Tambah Rambey. ( Adin/Dri)

136total visits,1visits today

News Feed