oleh

DLH KBB Sibuk Sampah Kotabaru, Sedang Sampah Pemda Pasca Acara 4 Hari Lalu Diabaikan?

Padalarang, BANGBARA.COM – Perayaan HUT KBB Ke 12 yang sangat meriah itu menjadi kesan tersendiri. Selain kemeriahan yang luar biasa, salah satunya Kotabaru yang terkenal asri itu, menjadi lautan sampah yang berserakan, pasca acara yang dilaksakan selama 2 hari Sabtu-Minggu, (22-23/6/19).

Acara yang di gelar di Kotabaru itu merupakan kelanjutan acara sebelumnya yang dilaksanakan di komplek kantor pemda pada Selasa hingga Kamis 19,20,21 Juni 2019.

Dari pantauan redaksi Bangbara.com, ada yang janggal terkait sampah yang berserakan di dua titik itu. Karena sejak selesai acara kamis (21/6/19) yang Lalu, sampah itu seperti dibiarkan begitu saja hingga Bupati KBB Umbara dalam apel pagi pada Senin (24/6/19), mengajak para ASN untuk memungut sampah saat bubar apel.

Disisi lain, acara yang baru saja selesai digelar kemarin Minggu (23/6/19), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB melalui UPT Kebersihan langsung secara singkat membersihkan lautan sampah yang berada di Kotabaru, lalu bagaimana dengan sampah yang di Pemda?

Gambar sampah sebelum dibersihkan. Foto : Dari Video yang di viralkan pihak DLH KBB. 

Saat dikonfirmasi terkait acara di Kotabaru ini, Wakil Bupati KBB Hengki Kurniawan menjelaskan, bahwa sebenarnya soal kebersihan di Kotabaru itu, dari pihak Event Organizer (EO) sudah menyerahkan sepenuhnya oleh pihak Kotabaru, dan sudah masuk pada perjanjian, dan sudah dibayarkan.

“Terkait kebersihan pasca acara, saat saya konfirmasi kepada pihak EO, bahwa sebenarnya mereka sudah melakukan perjanjian, dan pihak Kotabaru lah yang seharusnya membersihkan, karena pihak EO sudah membayarkanya. Saya sendiri kurang tau kok LH yang membersihkanya? tapi saya tetap mengapresiasi LH” terang Hengki melalui sambungan telponya, Senin, (24/6/19).

Usai upacara (Apel) pagi, Bupati KBB Aa Umbara Sutisna mengajak para ASN untuk membersihkan halaman Pemda KBB yang juga kotor berserakan pasca acara 4 hari lalu itu. Nampak dalam video yang dibuat oleh Akur Media, tidak ada satupun petugas DLH yang ikut membersihkanya, justru Bupati sendiri yang ikut memungut sampah, karena semua petugas terfokus pada sampah di Kotabaru sedang disana bukan tugas DLH.

Baca Juga,  Nasib Naas Anak 9 Tahun, Tak Sengaja Telan Peluit Nafasnya Bersuara Terompet

Setelah melalui penelusuran, Redaksi Bangbara mencoba mengkonfirmasi pihak Kepala Dinas Lingkungan Hidup Apung Hadiat Purwoko, menurutnya semua berawal dari inisiatif saja dan pihaknya tidak mengetahui bahwa ada penjanjian tersebut.

Gambar beberapa jam kemudian nampak semua sampah sudah dapat dibersihkan.

“Ya rencana untuk membersihkan Kotabaru itu sudah direncanakan tadi malam, kami tidak ada maksud Apa-apa. Kami pun tidak tau kalau pihak EO sudah mengkondisikan hal ini, dan semua ini murni inisiatif saja. Karena saya fikir ini hajat KBB, jadi pihak terkait seperti kami inilah yang harus ikut membantu. Disamping itu saat Apel pagi pun Pak Bupati menyarankan untuk membersihkan sampah disemua titik” papar Apung.

Disisi lain ada prestasi yang sudah dilakukan oleh DLH KBB, yang kini dalam waktu singkat dapat membabat habis sampah sebanyak 5 ton itu, namun spekulasi masyarakat menjadi berkembang sehingga sebagian masyaratkat menilai ada maksud yang terselubung dari niat baik menjadi salah. Semoga program AKUR akan lebih baik untuk kedepanya.

(Adn)

Komentar

News Feed