oleh

Disnakertrans KBB Keluarkan Surat Edaran Untuk Perusahaan, Antisipasi Masuknya Virus Corona

Link Banner

Ngamprah, BANGBARA.COM. – Maraknya kasus Virus Corona yang berdedar belakangan ini baik di Dunia maupun Indonesia, cukup membuat resah masyarakat. Beberapa antisipasi untuk mencegah datang dan menyebarnya Virus ini telah dilakukan oleh Pemerintah dan pihak-pihak terkait.

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat juga bertindak sigap untuk mengantisipasi permasalahan penyebaran Virus yang mayoritas penyebab datangnya Virus ini melalui orang asing atau yang datang dari luar Indonesia. Karena berdasarkan data yang ada, jumlah TKA (Tenaga Kerja Asing) yang tersebar di wilayah KBB ada sekitar 900 orang lebih, dengan mayoritas berada di Perusahaan KCIC, sebanyak 670 orang.

Link Banner
Surat Edaran Disnakertrans KBB
Surat Edaran Disnakertrans KBB

Iing Solihin, selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB telah mengeluarkan Surat Edaran tertanggal 27 Januari 2020, yang berisi himbauan kepada seluruh Perusahaan di KBB yang mempekerjakan TKA, sesuai dengan arahan Bupati KBB, Aa Umbara Sutisna.

Terdapat 3 point yang disampaikan dalam Surat Edaran tersebut, diantaranya adalah :
1. Perusahaan yang mempekerjakan TKA agar melaporkan jumlah pegawai TKA aktif di Perusahaan
2. Pegawai TKA wajib melaporkan dan melampirkan data riwayat kesehatan terbaru (tahun 2020) dari Rumah Sakit.
3. Laporan disampaikan ke Disnakertrans KBB secepatnya.

Lebih lanjut Iing menjelaskan, bahwa sebenarnya sebelum maraknya kasus Virus Corona seperti saat ini, setiap 3 bulan sekali Perusahaan memang sudah diwajibkan untuk melaporkan terkait keberadaan TKA di masing-masing Perusahaannya.

“Ya.. dengan adanya kejadian Virus Corona ini mungkin bisa membuat kita semua lebih waspada lagi. Butuh kerjasama, koordinasi, dan komunikasi yang baik antara pihak Imigrasi, Dinas Kesehatan, Disnakertrans, dan juga Perusahaan agar antisipasi dari segala kemungkinan bisa teratasi. Ke depannya juga saya berharap agar TKA yang masuk Indonesia harus memberikan General Check Up terbaru”, ungkap Iing saat ditemui langsung Redaksi Bangbara.com di ruang kerjanya, Jum’at (31/01/2020).

Iing juga meminta agar masyarakat tidak perlu merasa resah, karena semua sudah ditangani pihak terkait, dan bisa menjadikan ini semua sebagai pelajaran agar selalu waspada dan berjaga-jaga.

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Baca Juga,  DK PWI Pusat Tindak Tegas Wartawan yang Tidak Netral dalam Pilkada 2020

Komentar

News Feed