oleh

Disinfektan Dapat Dibuat Sendiri Dengan Bahan Baku Yang Berada Dipasaran

Link Banner

Padalarang, BANGBARA.COM. – Maraknya perederan Virus Corona (Covid-19) belakangan ini membuat kita sering mendengar istilah Disinfektan sebagai salah satu cara untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Disinfektan atau sebagian ada yang menyebutnya Desinfektan adalah bahan kimia atau senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik yang terpapar secara langsung.

Link Banner

Untuk yang umum saat ini digunakan adalah Disinfektan berbentuk cairan, maka penggunaannya sendiri biasa dengan menyemprotkannya di permukaan yang terindikasi terkena virus atau mikroorganisme yang umumnya seperti perabotan rumah, peralatan dapur, atu benda-benda dalam sebuah ruangan.

Cairan Disinfektan sendiri umumnya bisa diperoleh di beberapa Apotik atau toko yang memang menjual hal-hal yang berhubungan dengan obat atau kesehatan. Namun ternyata kita dapat membuat sendiri Disinfektan ini dengan bahan baku yang banyak beredar di pasaran.

Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat memberikan beberapa tips cara membuat Disinfektan dengan menggunakan bahan baku yang beredar di pasaran.

Jenis desinfektan yang dapat digunakan adalah :

a. Bleaching (Pemutih) dengan takaran 2 sendok makan per 1L air.
b. Karbol, wipol dengan takaran 2 sendok makan per 1L air
c. Kaporit bubuk dengan takaran 1 sendok makan per 10 liter air
d. Kaparit granuler (butiran) dengan takaran sendok makan per 15 liter
Catatan : 1 sendok makan = 13,7 gram 1 sendok teh = 5 gram, konsentrasi aktif klorin untuk membunuh bakteri dan virus 5000 mg/liter

Dokter Nahla Shihab yang juga merupakan adik dari Jurnalis dan Presenter Najwa Shihab juga memberikan tips cara membuat Disinfektan dengan sederhana,mudah dan murah menggunakan bahan baku yang biasa kita temui sehari-hari.

Untuk menghasilkan 1000 ml larutan Disinfektan dapat dibuat dengan menggunakan campuran 95 ml Bayclin (cairan pemutih pakaian) dengan 905 ml air. Setelah jadi, tinggal disemprotkan pada permukaan peralatan yang biasa dan sering disentuh minimal 2 kali sehari.

Yang harus diperhatikan saat melakukan penyemprotan adalah gunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti sarung tangan dan masker sekali pakai saat melakukan disinfeksi. Sarung tangan harus dibuang setelah setiap selesai pembersihan.

Jika sarung tangan dapat digunakan kembali, sarung tangan tersebut HARUS DIGUNAKAN KHUSUS UNTUK MEMBERSIHKAN DAN MENDISINFEKSI PERMUKAAN TERINDIKASI KONTAMINASI dan tidak boleh digunakan untuk tujuan lain.

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Baca Juga,  Horee, Mulai Juli Selain E-KTP dan KIA Warga KBB Bisa Cetak Adminduk Sendiri Dengan Kertas HVS

Komentar

News Feed