Link Banner
119

Dishub KBB Luncurkan Aplikasi KIR Online AKURAT, Jadi yang Pertama di Jabar

  • Bagikan
Launching AKURAT. (foto: Guntur).
Launching AKURAT. (foto: Guntur).
WhatsApp Image 2021-09-14 at 16.17.33
WhatsApp Image 2021-09-14 at 16.17.33 (2)
WhatsApp Image 2021-09-14 at 16.17.34
WhatsApp Image 2021-09-14 at 16.17.25
Lukmanul Hakim, Kadishub KBB. (foto: Guntur).
WhatsApp Image 2021-09-14 at 16.17.32
WhatsApp Image 2021-09-14 at 16.17.32 (1)

Padalarang, BANGBARA.COM. – Plt Bupati Hengki Kurniawan mengapresiasi inovasi yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) dalam memudahkan masyarakat mengurus KIR.

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri Launching AKURAT (Aplikasi KIR Bandung Barat), yang dilaksanakan di Gedung Pengujian KIR, Desa Cikamuning, Kecamatan Padalarang, Selasa (14/09/2021).

Tampak hadir pula Ketua DPRD KBB Rismanto, Kepala Dishub KBB Lukmanul Hakim, jajaran Pimpinan BJB Jawa Barat dan Padalarang, Perwakilan Dishub Pusat, Camat Padalarang Dudi Supriyadi, dan tamu undangan lainnya.

“Ini suatu inovasi yang harus kita apresiasi. Mudah-mudahan ke depan banyak lagi inovasi lain dari Dishub KBB yang akan terus kita support”, ujar Hengki kepada awak media.

Plt Bupati KBB Hengki Kurniawan

AKURAT merupakan aplikasi berbasis Android yang akan memudahkan masyarakat yang memiliki kendaraan angkutan transportasi.

Hengki menyebut teknologi saat ini bukan bukan lagi menjadi pilihan tapi kebutuhan. Dimana pengguna smartphone itu kurang lebih hampir 190 juta orang.

“Kini sudah jaman era digital dan teknologi informasi dimana mayoritas masyarakat pasti menggunakan smartphone. Karena itulah kehadiran AKURAT ini akan sangat membantu dan memudahkan masyarakat”, lanjut Hengki.

Hal senada diungkapkan Kadishub KBB Lukmanul Hakim yang mengatakan saat ini memang kita tidak bisa dilepaskan dari era teknologi informasi.

“Indonesia mungkin baru masuk era revolusi industri 4.0 dimana kalau di luar negeri itu sudah sudah mulai memasuki era 5.0. Kehadiran AKURAT ini untuk menunjukkan bahwa soal teknologi informasi kita tidak boleh tertinggal”, ucap pria yang akrab disapa Lukman ini.

Lukmanul HakimKepala Dishub KBB

Lukman juga mengatakan bahwa KBB merupakan daerah pertama di Jawa Barat yang menggunakan pelayanan aplikasi yang berbasis Android.

“Setau saya KBB yang pertama di Jabar menggunakan teknologi ini, karena yang lainnya kebanyakan masih menggunakan website”, sebutnya.

Dilanjutkan Lukman, fungsi aplikasi ini untuk memudahkan pemilik kendaraan bermotor dalam mendaftarkan kendaraannya, kemudian akan mendapatkan informasi mengenai hasil uji, tarif retribusi, dan pembayaran secara online yang dapat diakses dimana saja.

“Dengan demikian para pemohon atau para pengguna atau pemilik kendaraan tersebut akan langsung mendapatkan rekapitulasi atas laporan yang dibutuhkan. Solusi ini sangat bermanfaat untuk memudahkan penyelesaian pembayaran kewajiban-kewajiban pemohon”, lanjut Lukman.

Ditambahkannya, Dishub KBB akan terus mentransformasikan pelayanan bidang perhubungan, tata kelola dan pelayanan bidang perhubungan.

“Inovasi kita tidak hanya berhenti di KIR online. Insya Allah kita segera akan mewujudkan bahwa transformasi digital lainnya. Satu hal lagi dengan adanya KIR Online ini akan bisa meningkatkan akreditasi kita yang saat ini B ke A”, pungkasnya. (Guntur/Abdul)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *