oleh

Disdukcapil KBB Segera Luncurkan Tanda Tangan Elektronik Untuk Percepat Pelayanan

Ngamprah, BANGBARA.COM- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menerapkan kebijakan dalam pembuatan dokumen kependudukan dengan menggunakan Tanda tangan Elektonik (TTE) dalam pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran.

Kepala Disdukcapil KBB, Wahyu Diguna mengatakan, hal tersebut merupakan inovasi yang dilakukan disdukcapil KBB untuk melayani masyarakat agar cepat, tepat dan akurat. selain cepat inovasi tersebut menjadi bukti pemerintah dalam melayani masyarakat dengan sebaik baiknya.

Link Banner

“Inovasi ini bisa mempermudah proses pembuatan administrasi kependudukan dengan cepat, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan KK ataupun Akta kelahiran”, ujar wahyu saat di temui Bangbara.com di kantornya, Kamis, (21/3/19).

Selain cepat sambung Wahyu mengatakan, hal tersebut dapat mengurangi kekeliruan, dirinya juga bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja melalui sistem online.

“Sampai saat ini hanya KK dan Akta kelahiran yang lebih diutamakan. dari mulai proses masyarakat masuk ke operator dan operator mulai memasukan data data dan saya mulai mengeksekusi ketika dimana pun saya berada sehingga tidak konvensional lagi yang menggunakan tandatangan dan cap basah”, ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), H Jeje Hermansyah mengatakan, dengan hadirnya TTE pelayanan kepada masyarakat bisa lebih cepat.

“Dengan adanya TTE ini, dimanapun pak kadis berada bisa langsung di tabda tangan, tidak harus selalu ada di kantor. permohonan KK dari kecamatan maupun yang datang ke Disdukcapil bisa langsung di tanda tangani langsung dan munculnya di KK itu bentuknya berupa Barcode”, imbuh Jeje.

Dalam penggunaan TTE ini lanjut Jeje menjelaskan, para pejabat yang berwenang yang dapat memiliki sertifkasi digital dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) saja yang bisa terverifikasi oleh sistem.

Baca Juga,  20 Menit Umbara Hengki Ngencleng, Terkumpul 18.7 Juta Untuk Donggala

“Sebelum di cetak di KK, tanda tangan tersebut di validasi terlebih dahulu di pusat, kaerena sebelumnya melakukan pendaftaran terlebih dahulu oleh BSSN untuk menjaga keaslian tandatangan tersebut. sehingga ketika tanda tanfgan tersebut seratus persen valid KK yang diajukan di cetak bisa langsung dicetak”, pungkas Jeje

(Adn)

Link Banner

Komentar

News Feed