oleh

Desa Sukamanah Rongga, Alokasikan ADD Untuk BUMDES

RONGGA, BBPOS – Pemerintah desa melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017 sudah direalisasikan di sejumlah kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, salah satunya, Desa Sukamanah, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) merealisasikan seperti jalan lingkungan, jalan desa, posyandu dan pendidikan.

“Tahap pertama sampai sekarang realisasi ADD dan DD ini kita lakukan, dalam rangka pembangunan desa. Dengan harapan, masyarakat desa bisa merasakan peningkatan pembangunan,” ujar Riki Sungkawa selaku kaur Ekonomi dan pembangunan (Ekbang) desa Sukamanah.

Menurutnya, pembangunan ini mengacu pada ke-4 indikator, ia menilai, pertama jumlah penduduk dan tingkat kemiskinan perlu dipertimbangkan. Ditambahkannya, mayoritas masyarakat desa Sukamanah kebanyakan buruh tani.

“Hal ini perlu ditanggapi seserius mungkin, kita mengacu pada 4 indikator dalam pembangunan. Terutama di anggaran.” katanya.

Ia menambahkan, salah satu peruntukan dana desa itu membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sebab, BUMDes dinilai adalah salah satu cara untuk mempercepat pembangunan desa.

“Pembentukan BUMDes desa Sukamanah sedang dibentuk, kepengurusannya akan diubah ulang, dengan adanya BUMDes kita menilai itu bisa percepat sektor perekonomian desa,”imbuh dia. (Wit)

89total visits,1visits today

Komentar

News Feed