oleh

Desa Cipatat KBB, Kelola Air Bersih Dengan Berdayakan BUMDES

CIPATAT, BBPOS – Berkat dana desa, seluruh warga desa Cipatat, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini tak perlu mencari air lagi bila dimusim kemarau.

“Dulunya kalo musim panas kita susah dapatkan air, mangkanya dana desa pada tahun lalu kita gunakan di pengelolaan air bersih, karena pengelolaan air bersih ini langsung ke rumah rumah warga” ungkap Darya Kepala Desa Cipatat. Rabu (27/12/2017).

Pengelolaan air bersih ini dinilai strategis, karena melihat masyarakat yang mayoritasnya kebanyakan buruh tani. “Desa cipatat kebanyakan masyarakatnya buruh tani dan buruh biasa. Mangkanya dengan pengelolaan air ini dinilai cukup strategis” ujar Darya.

Menurut ia, pengolaan air bersih yang diberdayakan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), untuk menunjang perekonomian desa secara berkelanjutan. Karnanya, per-setahun pihaknya mengocek keuntungan sekitar 20 Juta.

“Selain membantu masyarakat desa agar tidak lagi susah mencari air bersih, disisi lain keuntungan PAD yang masuk ke desa itu ada 20 Juta” imbuh dia.

Selanjutnya, selain digunakan untuk pengelolaan air bersih, dana desa juga dimanfaatkan Desa Cipatat untuk membangun infrastruktur seperti Jalan lingkungan yang dibangun di berbagai pusat aktivitas perekonomian desa, seperti pertanian dan persawahan.

“Penggunaan dana desa kita manfaatkan untuk membangun infrastruktur, dengan begitu aktivitas ekonomi kita menjadi sangat terbantu” jelas dia.(Wit)

125total visits,2visits today

Komentar

News Feed