oleh

Dari 1.634, Baru 15 Perusahaan di KBB Yang Sepakati UMK

Ngamprah, BANGBARA.COM – Menindak lanjuti arahan dari Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) Aa Umbara Sutisna yang mewajibkan semua perusahaan di KBB membayar UMK kepada karyawanya, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB, mengeluarkan Surat Edaran (SE) kepada semua perusahaan terkait dengan pelaksanaan UMK 2019.

Seperti yang sudah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahwa ketetapan UMK KBB tahun 2019 ini, sebesar Rp 2.898.744,63, yang ditanda tanganinya pada 21 November 2018 lalu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB Iing Solihin menyampaikan bahwa sementara ini baru terhitung 15 perusahaan yang menyepakati pembayaran UMK tersebut.

“Kami sudah mengeluarkan dua kali Surat Edaran (SE) tentang pelaksanaan UMK ini. Alhamdulilah hingga kini sudah ada 15 perusahaan yang membuat surat pernyataan dan ditandatangani yang siap menjalankannya,” papar Iing dikantornya seperti yang dikutip pada sindonews, Selasa, (8/1/2019).

Dalam surat edaran bernomor 400/040/Disnakertrans, pihaknya menghimbau kepada semua perusahaan agar segera menyerahkan surat pernyataan kesediaan untuk melaksanakan pembayaran UMK 2019 yang sudah ditentukan paling lambat 31 Januari 2019.

Terlihat dalam keseriusanya, Disnakertrans juga akan membentuk tim monitoring bersama dengan para serikat pekerja/serikat buruh dalam pengawasan. Jika ada yang tidak melaksanakan ketentuan UMK maka perusahaan akan dikenakan sanksi tegas.

Masih menurut Uing, keputusan UMK tersebut berlaku untuk seluruh perusahaan di KBB. Data perusahaan yang tercatat pada Badan Pusat Statistik (BPS) baik skala kecil, menengah, maupun besar, jumlahnya mencapai sebanyak 1.634 unit,

“Hingga sekarang kami belum menerima surat perusahaan yang mengajukan penangguhan pemberlakuan UMK 2019. Pada akhir Januari nanti baru bisa terlihat mana perusahaan yang sudah membayarkan gaji karyawannya sesuai UMK atau belum,” ujarnya.

Menurut Iing, perusahaan yang mengajukan penangguhan baru bisa diketahui setelah tanggal 21 Januari 2019 berdasarkan surat yang turun dari provinsi. Data perusahaan yang telah memberikan pernyataan kesediaanya untuk melaksanakan UMK pada tahun 2019 di KBB adalah sebagai berikut :

1. PT Falmaco
2. PT Kharisma Abadi Sejahtera
3. PT Perdana Firsta Garment
4. CV Elite Plastic Injection
5. Union Plating
6. PT Bahagia Sejahtera Metalindo
7. PT Sentosa Hasta Reksa
8. PT Tiga Agra Kencana
9. PT Beton Elemindo Perkasa
10. PT Lestari Mahaputra Buana
11. PT Sinar Para Taruna Textile
12. PT CCH Indonesia
13. PT Beton Elemen Persada
14. PT Hero Top Zip
15. PT Vasco

(Adn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed