oleh

Dampak Covid-19 Kemensos Bagikan Lagi Paket Sembako Untuk 1078 Karyawan Hotel

Bandung, BANGBARA.COM. – Berdasarkan data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), sejak April 2020 ribuan hotel berhenti beroperasi di 31 Provinsi di Indonesia akibat adanya pandemi Covid-19.

Tercatat 4 Provinsi dengan jumlah hotel terbanyak yang menghentikan operasionalnya antara lain Jawa Barat, Bali, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Dalam kondisi normal, sektor Pariwisata dan Perhotelan merupakan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang memberikan kontribusi cukup tinggi. Dan saat pandemi sektor Pariwisata yang paling merasakan dampaknya.

Grace Batubara, penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sosial (Kemensos) menyebutkan, di Kota Bandung tercatat terdapat 1.078 pekerja di 35 hotel yang terkena imbas dan dampak Pandemi Covid-19 hingga akhirnya harus dirumahkan.

Untuk itulah sebagai penguatan ekonomi, Kemensos RI menyuntik bantuan berupa paket sembako yang dilakukan secara simbolis kepada Ikatan Alumni (IKA) Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, di Hotel The Jayakarta Suites Bandung, Jumat, (23/10/2020).

“Minggu lalu sejumlah 1.536 paket bantuan sembako telah kami salurkan tahap awal kepada karyawan di 32 Hotel di DKI Jakarta. Kali ini tahap kedua di Kota Bandung. Semoga dapat membantu meringankan beban selama pandemi”, ungkapnya kepada awak media.

Adapun paket bantuan Sembako Kemensos tersebut berupa beras premium 10 kilogram, minyak goreng, mie instan, sarden, dan saus sambal.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala DWP Kemensos, Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna Bandung, Kepala Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso Bandung, Kepala Seksi Destinasi Pariwisata Dinsos Kota Bandung, General Manager Hotel The Jayakarta Suites Bandung, dan juga Ketua Umum IKA STP Bandung.

Albert Jonas, selaku Manager Umum Hotel The Jayakarta Suites Bandung, mengungkapkan rasa terima kasihnya karena bantuan tersebut sangat membantu para karyawan hotel di saat pandemi. Ia berharap Pemerintah Pusat dan Daerah dapat bersinergi dalam upaya pemulihan sektor Pariwisata.

Baca Juga,  Harga Sayuran Tidak Stabil, Petani Lembang Banting Stir Kembangkan Jeruk

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed