Data Corona Indonesia

Terkonfirmasi
1,919,547
Meninggal
53,116
Sembuh
1,751,234
Active
115,197
Last updated: 15 Juni 2021 - 11:38 am (+07:00)

Data Corona Selengkapnya Klik di Sini

Indonesia
Terkonfirmasi 1,919,547 Meninggal 53,116 Sembuh 1,751,234 Active: 115,197 Last updated: 15 Juni 2021 - 11:38 am (+07:00)
Link Banner
7

Curug Ciastana, Pesona Wisata Cianjur Selatan Yang Belum Dilirik Pemerintah

  • Bagikan
Objek Wisata Curug Ciastana yang terletak di Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak, Cianjur Selatan. (foto: Istimewa).
Objek Wisata Curug Ciastana yang terletak di Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak, Cianjur Selatan. (foto: Istimewa).
banner 728x90

Cianjur, BANGBARA.COM. – Menikmati sejuknya udara dengan keindahan panorma alam nan eksotis dan asri bukanlah hal yang sulit di kawasan selatan Kabupaten Cianjur.

Salah satunya adalah Curug Ciastana yang terletak di Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak, Cianjur Selatan, yang masih terbilang perawan dan memiliki ketinggian sekitar 100 meter.

banner 728x90 banner 728x90

Namun sayangnya, keindahan Curug yang airnya bersumber dari Sungai Ciastana ini belumlah tersentuh oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah setempat melalui Dinas Pariwisata.

Memang jarak tempuh ke lokasi Curug hanyalah sekitar 100 meter dari tempat parkir yang berada di Kampung Bolenglang, namun sangat disayangkan untuk menuju lokasi tersebut, belum ada akses jalan yang layak untuk para pengunjung, termasuk beberapa fasilitas seperti Mushola ataupun ruang ganti bagi pengunjung.

Pesona Curug Ciastana ini sendiri sudah cukup dikenal bukannya hanya di kalangan wisatawan lokal, namun hingga ke mancanegara. Terbukti dengan beberapa kali datangnya turis asing bahkan hingga menginap berhari-hari di rumah warga setempat.

Kepala Desa Bojongkasih, Dadi Anwar Musadad berharap ada perhatian khusus dari Pemerintah Daerah untuk bisa memfasilitasi dalam pembangunan dan penataan Curug Ciastana agar dapat menjadi lebih baik.

“Kalau saja ada sokongan bantuan dari Dinas Pariwisata untuk mengelola Curug tersebut, saya rasa akan mampu meningkatkan pendapatan daerah, karena memiliki banyak potensi, yang bisa mengundang banyak wisatawan lokal maupun luar daerah,bahkan mancanegara”, terang Dadi saat dihubungi, Sabtu (23/01/2021).

Dadi menambahkan, dengan hadirnya Patriot Desa dari Provinsi Jawa Barat yang datang di Desa Bojongkasih, diharapkan dapat membuka akses dan membantu dalam hal pengembangan maupun pengelolaan terutama untuk menggali potensi lokal Desa.

Dihubungi secara terpisah, Patriot Desa Bojongkasih Asep Erwin mengatakan siap mendorong dan membantu dalam hal penataan dan pengelolaan Curug Ciastana, termasuk menggali potensi-potensi lain yang ada di Desa.

“Potensi tersebut baik berupa Sumber Daya Alam (SDA) atau juga Sumber Daya Manusia (SDM), ditambah dengan sentuhan inovasi dalam pengembangannya sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan nilai-nilai kemanusiaan, menjaga budaya dan alam tetap lestari”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

banner 728x90
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan