oleh

Ciptakan Pelayanan Terbaik Untuk Wisatawan, HPI Jabar Segera Bentuk Pelatihan dan Kepengurusan di KBB

Link Banner

Lembang, BANGBARA.COM. – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jawa Barat (Jabar) berencana akan membuka cabang di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) demi mewadahi para Pramuwisata yang ada di KBB.

Hal ini diungkapkan oleh Caca, selaku Ketua Bidang Organisasi dari DPD HPI Jabar saat ditemui Bangbara usai melakukan pertemuan dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) KBB di Ciwangun Indah Camp (CIC), pada Minggu (31/05/2020).

Link Banner
Suasana pertemuan antara DPD HPI Jabar dan Pokdarwis KBB, di Ciwangun Indah Camp, Lembang, KBB. Minggu (31/05/2020).
Suasana pertemuan antara DPD HPI Jabar dan Pokdarwis KBB, di Ciwangun Indah Camp, Lembang, KBB. Minggu (31/05/2020).

“Insya Allah akan segera dibentuk Asosiasi yang mewadahi seluruh Pramuwisata atau Tour Guide yang ada di KBB, tentunya dengan bantuan dan dukungan dari pemerintah daerah, dan para juga para pelaku usaha pariwisata yang ada”, ungkapnya.

Caca, Perwakilan DPD HPI Jabar.
Caca, Ketua Bidang Organisasi, DPD HPI Jabar.

Caca juga menjelaskan bahwa selain dalam rencana pembentukan HPI di KBB, kedatangannya bersama para Pengurus DPD HPI Jabar ke CIC Lembang ini adalah juga untuk memberikan edukasi tentang apakah sebenarnya Pramuwisata itu.

“Jangan sampai wisatawan yang hadir tersebut kapok, karena pelayanan kita yang kurang baik. Termasuk dengan pelayanan atau biaya parkir dan Kehadiran pengamen bisa menjadi masalah hingga pengunjung kapok datang kembali, karena tidak adanya penataan SDM bagi mereka” terang Caca.

Pertemuan antara DPD HPI Jabar dengan Pokdarwis KBB yang berencana membentuk HPI di KBB ini disambut hangat oleh Haji Kosasih Dermawan, selaku pemilik CIC yang menjadi lokasi terjadinya pertemuan ini.

Haji Kosasih, Owner CIC Lembang.
Haji Kosasih, Owner CIC Lembang.

“Saya sangat bangga, karena Pokdarwis sudah bertemu pengurus HPI Jabar. Karena kita tau, Pramuwisata ini sangat berperan dalam maju mundurnya sebuah Destinasi Wisata. Mudah-mudahan cepat terwujud adanya Asosiasi Tour Guide di KBB”, ujar Haji Kosasih, sapaan akrab dari Owner CIC ini.

Baca Juga,  Perhutani Bandung Utara Angkat Jempol Diresmikannya 'Kampung Kurang Sampah'

Ditambahkannya, peran seorang Pramuwisata dalam sebuah Destinasi Wisata sangatlah penting karena Pramuwisatalah yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk atau informasi tentang Objek Wisata serta membantu keperluan wisatawan yang datang.

“CIC akan membantu memfasilitasi rencana terbentuknya HPI KBB dengan menyediakan lokasi untuk tempat Pendidikan dan Pelatihan bagi para Pramuwisata yang di rekrut untuk nantinya membantu memajukan Pariwisata di KBB. Rencananya 70% dari warga lokal, 30% dari luar”, terang Haji Kosasih kembali.

Untuk mewujudkan rencana ini, dalam waktu dekat Haji Kosasih berencana akan bertemu dengan Bupati Bandung Barat, berikut dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, serta pihak terkait lainnya.

“Semoga rencana pembentukan HPI di KBB mendapat dukungan dari Pemerintah. Doakan juga semoga Covid-19 cepat berlalu dan Industri Pariwisata bisa kembali bergairah. Terima kasih kepada Bupati Umbara yang terus bekerja untuk menangani permasalahn Covid-19 di KBB”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed