oleh

Bupati Umbara Bagikan Alat Pompa dan Ribuan APD ke Seluruh Desa dan Kecamatan

Link Banner

Cililin, BANGBARA.COM. – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna secara simbolis membagikan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) untuk seluruh Desa di Kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung Barat, Minggu (19/04/2020).

Pembagian secara simbolis yang dilakukan di Kecamatan Cililin ini selain dihadiri oleh seluruh Kecamatan yang ada di KBB, juga dihadiri oleh Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo.

Link Banner

Sebelum acara dimulai, Bupati melakukan pembagian masker kepada pengguna jalan di depan Kecamatan Cililin sekaligus melakukan penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh Bupati sendiri.

Sebanyak 511 alat pompa penyemprot (Handsprayer) untuk 165 Desa masing-masing diberikan 3 buah per desa, berikut 16 kantor Kecamatan masing-masing mendapatkan 1 buah alat pompa.

Pemberian berikut dengan 17.300 liter cairan disinfektan yang dibagi untuk masing-masing Desa mendapatkan 100 liter, dan masing-masing Kecamatan mendapatkan 50 liter.

Berikut 181 botol Hand Sanitazer yang terbagi untuk setiap kantor Desa dan dan kantor Kecamatan 1 buah. Lalu 52.700 buah masker terbagi untuk masing-masing Desa sebanyak 300 buah masker, dan 200 buah untuk tiap Kecamatan, ditambah masing-masing dengan mendapatkan 2 baju Alat Pelindung Diri (APD).

Duddy Prabowo, Kalak BPBD KBB.
Duddy Prabowo, Kalak BPBD KBB.

“Tadi Pak Bupati secara simbolis membagikan Hand Sprayer (alat penyemprot), cairan disinfektan, masker, dan hand sanitizer (cairan pembersih tangan) untuk 165 Desa dan 16 Kecamatan di seluruh KBB”, terang Duddy saat ditemui awak media di lokasi.

Ditemui seusai acara, orang nomor 1 di KBB ini menjelaskan tujuan pembagian ini adalah dalam rangka persiapan menjelang diberlakukannya PSBB di wilayah KBB pekan depan.

Ditambahkannya, bahwa menjelang diberlakukannya PSBB di KBB, dirinya akan berkeliling 7 Kecamatan yang menjadi target utama PSBB untuk mensosialisasikan segala hal terkait PSBB di Bandung Barat nantinya.

Baca Juga,  Setelah Viral, Desa di Atas Awan di Cianjur Ini Jadi Buruan Wisatawan
Penandatanganan pemberian bantuan APD untuk seluruh Desa dan Kecamatan di KBB, Minggu (19/04/2020).
Penandatanganan pemberian bantuan APD untuk seluruh Desa dan Kecamatan di KBB, Minggu (19/04/2020).

“Bapak minta kerjasama dari seluruh masyarakat agar selama 14 hari PSBB nanti, semua diam di rumah dan berdoa. Apalagi nanti akan masuk bulan Ramadhan. Jika PSBB ini berhasil mengurangi jumlah penyebaran Covid-19, maka Insya Allah PSBB cukup dilakukan 1 putaran saja”, ujar Umbara kembali.

Ketika disinggung mengenai masih banyaknya masyarakat yang belum atau tidak menerima bantuan pemerintah, Umbara meminta agar masyarakat bersabar.

“Masyarakat yang kena dampak Covid-19 ini memang banyak, data sedang diperbaharui oleh Pemerintah. Kami (Pemkab) akan berusaha semaksimal mungkin membantu agar nanti tidak ada yang kelaparan”, tuturnya.

Terkait adanya kisruh dan penolakan dari beberapa RT/RW mengenai jatah bantuan pemerintah yang tidak mencukupi dengan fakta di lapangan mengenai jumlah warga yang butuh bantuan, Bupati mengatakan akan melakukan evaluasi.

“Bersama dengan Dinas Sosial (Dinsos) nanti akan kita cek dan evaluasi untuk melakukan perbaikan agar nanti tidak terjadi kesalahan baik itu mengenai jumlah bantuan, data penerima bantuan, atau hal lainnya”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed