oleh

Bupati Umbara Apresiasi Warga Ngamprah Ini, Solusi Kompak di Tengah Covid-19 dan Air Kering

Link Banner

Ngamprah, BANGBARA.COM. – Bupati Aa Umbara Sutisna memberikan apresiasi yang tinggi terhadap ide dan inovasi yang dilakukan warga Batu Indah Regency RT05 RW06 Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri Peresmian Swadaya Air dan Masjid Baitul Hidayah di Batu Indah Regency, bersama Kepala Desa Cilame Aas Mohamad Asor, serta Camat Ngamprah Aep Supriatna, pada Selasa (15/09/2020).

Link Banner
Link Banner

Para warga Batu Indah Regency RT05 RW06 ini telah berhasil membuat usaha swadaya air berdasarkan iuran seluruh warga tanpa campur tangan bantuan dari Pemerintah.

“Bapak sangat mengapresiasi ini. Kalau di KBB banyak RT/RW seperti ini, maka akan bagus sekali karena bisa membantu Pemerintah terkait permasalahan kekurangan air terutama di saat musim kemarau saat ini”, ujar Umbara saat ditemui seusai acara.

Dilanjutkannya, hal ini patut dijadikan contoh, karena dengan ada komunikasi yang baik antar warga maka bisa memunculkan ide, gagasan yang inovatif.

“Semua kompak, solid, tidak berfikir untuk kepentingan pribadi. Semua dilakukan melalui iuran warga, dari warga, oleh warga, dan untuk warga. Coba bayangkan, ini acara tingkat RT, tapi Bupati bisa hadir langsung, kan sangat luar biasa. Ini menunjukkan Bapak sangat mendukung apa yang dilakukan warga disini”, tegas Umbara kembali.

Umbara juga menyebutkan, apa yang dilakukan warga tersebut selain dapat menjadi contoh juga membuktikan bahwa jika mau, warga bisa melakukan sesuatu tanpa bantuan anggaran dari Pemerintah baik tingkat Desa, Kecamatan, sampai Kabupaten.

Bupati Aa Umbara Sutisna berfoto bersama Pengurus Desa dan warga saat menghadiri Peresmian Swadaya Air dan Masjid Baitul Hidayah di Batu Indah Regency RT05 RW06 Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (15/09/2020).
Bupati Aa Umbara Sutisna berfoto bersama Pengurus Desa dan warga saat menghadiri Peresmian Swadaya Air dan Masjid Baitul Hidayah di Batu Indah Regency RT05 RW06 Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (15/09/2020).

“Sekitar 207 warga RT05 RW06 masing-masing patungan Rp3 Juta, lalu terkumpul sekitar Rp600 Juta disaat Covid ini sangat luar biasa. Dari uang tersebut membuat swadaya air yang bisa menghasilkan keuntungan Rp30 juta/bulan, yang artinya setahun bisa terkumpul Rp360 Juta. Dalam 2 tahun artinya sudah bisa balik modal, sungguh luar biasa. Benar-benar hal ini patut jadi contoh RT/RW lainnya”, ungkap Umbara.

Baca Juga,  PAD KBB Menipis, Bupati Umbara Pastikan Tidak Akan Berlakukan PSBB

Orang nomor 1 di Pemerintahan KBB ini menambahkan, bahwa ditahun 2021 pihaknya akan memberikan Rp30 juta untuk tiap RW di KBB untuk pembangunan. Dirinya berharap bantuan tersebut nantinya dapat menjadi stimulan agar bisa digunakan dengan baik.

Kebanggaan juga diungkapkan Kepala Desa Cilame Aas Mohamad Asor, atas apa yang sudah dilakukan oleh warga Batu Indah Regency RT05 RW06 ini.

“Ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kita semua. RT05 ini sebenarnya merupakan RT Rintisan, artinya belum mendapatkan anggaran atau bantuan dari Desa. Namun dengan kekompakan warganya bisa berhasil menciptakan swadaya air seperti ini, saya sangat bangga”, ungkap Aas.

Sementara itu, Dadang Hikmat Ismail Ketua RT05 RW06, yang juga sebagai Ketua Panitia acara ini menjelaskan bahwa latar belakang pembuatan swadaya air ini adalah karena selama ini supply air dari PDAM belum memuaskan baik secara kuantitas maupun kualitas, dimana warga kadang harus menunggu sampai larut malam untuk bisa mendapat air, bahkan bisa dalam beberapa hari air tidak mengalir. Ditambah kualitas air yang juga tidak jernih.

“Warga menyadari tidak bisa mengandalkan PDAM, maka dari itu saat warga berkumpul timbul ide untuk berswadaya air bersih secara mandiri yang dikelola oleh warga, untuk warga. Karena untuk warga, maka tidak akan di izinkan jika ada unsur bisnis didalamnya. Keuntungan yang didapat akan digunakan untuk warga yang membutuhkan. Jika memang ada warga sekitar yang butuh air, jika memungkinkan akan kami bantu”, tampah Dadang.

Reporter: Wawan Saefulatif
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed