oleh

Bupati KBB Angkat Jempol, Ada Desa yang Menyulap Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Kendaraan

Link Banner

Parongpong, BANGBARA.COM. – Bupati Aa Umbara Sutisna sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan warga RW08, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, melalui Kampung Tohaga disaat pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri acara Tasyakkur Bini’mah dalam rangka Peresmian Lembur Tohaga menjadi Lembur yang Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghofur, yang sekaligus memperingati Tahun Baru Islam, di Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Jum’at (18/09/2020).

Link Banner
Bupati Aa Umbara Sutisna bersama Tamu dan Undangan yang hadir dalam acara Tasyakkur Bini'mah dalam rangka Peresmian Lembur Tohaga menjadi Lembur yang Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghofur, yang sekaligus memperingati Tahun Baru Islam, di Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, KBB. Jum'at (18/09/2020).
Bupati Aa Umbara Sutisna bersama Tamu dan Undangan yang hadir dalam acara Tasyakkur Bini’mah dalam rangka Peresmian Lembur Tohaga menjadi Lembur yang Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghofur, yang sekaligus memperingati Tahun Baru Islam, di Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, KBB. Jum’at (18/09/2020).

Tampak hadir pula dalam acara tersebut Kepala Desa Cihanjuang Gagan Wirahma, Danramil 0609 Letkol Kavaleri Todi Wahyudin, Kapolsek Cisarua Kompol Sutarman, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, serta udangan dan warga sekitar.

“Kita sangat apresiasi Desa Cihanjuang yang meresmikan Kampung Tohaga, dan inovasi yang dilakukannya disaat pandemi Covid-19 . Ini patut dijadikan contoh oleh wilayah lain”, ungkap Umbara dalam sambutannya.

Satu hal yang menjadi sorotan utama Umbara adalah keberhasilan warga mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar yang menurutnya hal tersebut adalah sebuah kreasi dan inovasi yang menarik.

“Bisa merubah sampah plastik menjadi bahan bakar kendaraan sangat luar biasa kreatif dan inovasi menarik. Silahkan di kaji lebih dalam oleh RW atau Desa, jika memang berhasil maka Pemda akan membantu untuk pendanaan yang nanti keuntungannya silahkan untuk RW atau Desa sendiri”, ujarnya.

Umbara juga terkesan dengan kedisiplinan warga dalam melaksanakan protokol kesehatan yang selama ini memang selalu disosialisasikan oleh Pemerintah sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Baca Juga,  Proyek KCIC Gadobangkong Kembali Makan Korban Seorang Ibu Hingga Patah Tangan

“Bapak juga salut warga disini semua menjalankan protokoler kesehatan dengan disipilin. Yang hadir semua memakai masker, lalu di tiap gang disediakan tempat cuci tangan. Karena memang dengan kedisiplinanlah kita bisa mencegah penularan dan memutus mata rantai Covid-19”, tuturnya kembali.

Kapolsek Cisarua Kompol Sutarman, saat memberikan sambutan dalam acara Tasyakkur Bini'mah dalam rangka Peresmian Lembur Tohaga menjadi Lembur yang Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghofur, yang sekaligus memperingati Tahun Baru Islam, di Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, KBB. Jum'at (18/09/2020).
Kapolsek Cisarua Kompol Sutarman, saat memberikan sambutan dalam acara Tasyakkur Bini’mah dalam rangka Peresmian Lembur Tohaga menjadi Lembur yang Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghofur, yang sekaligus memperingati Tahun Baru Islam, di Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, KBB. Jum’at (18/09/2020).

Sementara itu Kapolsek Cisarua Kompol Sutarman mengungkapkan bahwa munculnya Kampung Tohaga adalah terkait Covid-19, dimana dari awal Maret turun Surat Perintah dari Polda Jabar agar dibentuk Kampung Tohaga di wilayah Jabar.

“Dalam bahasa sunda, Tohaga itu berarti tangguh. Artinya kita semua berharap dengan adanya Kampung Tohaga, warga bisa menjadi tangguh disaat pandemi ini. Mudah-mudahan peresmian ini bisa jadi Jum’at berkah karena sangat luar biasa yang pertama di hadiri langsung Bupati dan Dandim. Semoga bisa jadi berkah kesehatan, keselamatan, rejeki, dan keamanan di Desa Cihanjuang dan juga di KBB”, ungkap Sutarman.

Gagan Wirahma selaku Kepala Desa (Kades) Cihanjuang dalam sambutannya menjelaskan terkait adanya Kampung Tohaga ini, telah dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya masalah kesehatan, keamanan, ketahanan pangan, dan inovasi.

Kepala Desa Cihanjuang Gagan Wirahma, saat memberikan sambutan dalam acara Tasyakkur Bini'mah dalam rangka Peresmian Lembur Tohaga menjadi Lembur yang Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghofur, yang sekaligus memperingati Tahun Baru Islam, di Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, KBB. Jum'at (18/09/2020).
Kepala Desa Cihanjuang Gagan Wirahma, saat memberikan sambutan dalam acara Tasyakkur Bini’mah dalam rangka Peresmian Lembur Tohaga menjadi Lembur yang Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghofur, yang sekaligus memperingati Tahun Baru Islam, di Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, KBB. Jum’at (18/09/2020).

“Alhamdulillah warga RW08 disini telah memahami pentingnya kesehatan, yang mana kini tiap gang menyiapkan tempat cuci tangan, dan hand sanitizer. Pihak Desa juga telah menyiapkan Klinik untuk pengobatan gratis bagi warga yang tidak mampu”, terang Gagan.

Baca Juga,  Puluhan Photographer Bandung Raya Kumpul di Cafe Duarupa, Intip Jepret 5 Model Cantik

Dilanjutkan Gagan, di RW08 juga akan didirikan sentra ketahanan pangan bawang daun, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dikelola warga.

Gagan juga menyebutkan pihaknya juga mendapat bantuan dari beberapa Donatur untuk memberikan 1000 paket bantuan yang akan dilaksanakan sampai bulan Desember untuk warga yang kurang mampu, karena belum semuanya dapat tercover bantuan Pemerintah.

“Yang tidak kalah menarik adalah Alhamdulillah warga sudah berhasil melakukan inovasi dimana dari sampah plastik bisa dirubah menjadi bahan bakar. Kemarin sudah di uji coba ke Motor Trail, hasilnya ternyata sanagat bagus. Semoga bisa kita kembangkan lebih jauh ke depannya”, pungkasnya.

Reporter: Wawan Saefulatif
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner

Komentar

News Feed