oleh

BP2MI Soroti Sindikat Agen Penyalur Tenaga Kerja Ilegal Termasuk di KBB

Padalarang, BANGBARA.COM.- Menyambut Hari Pekerja Migran Indonesia atau Migrant Day yang akan diperingati pada 18 Desember mendatang, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2Ml) melakukan kegiatan Roadshow.

Roadshow ini dilakukan ke daerah potensial Pekerja Migran Indonesia (PMI), salah satunya adalah Keluarga PMI di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garda BP2MI, Jalan Cipendeuy No. 8 Kampung Cimareme, RT01 RW03 Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Ketua BP2MI, Benny Rhamdani menyebutkan tujuan kegiatan tersebut adalah mendengarkan aspirasi aktivis di KBB untuk langkah selanjutnya berkomitmen sesuai perintah Presiden Joko Widodo, untuk melindungi PMI.

Ketua BP2MI, Benny Rhamdani
Ketua BP2MI, Benny Rhamdani

“Sekaligus juga untuk pencegahan cara-cara tidak resmi atau ilegal yang di monopoli kegiatannya oleh kelompok yang disebut sindikat. Kita juga fokus menciptakan pekerja yang profesional dan trampil”, ujar Benny yang ditemui, Kamis (12/11/2020).

Benny mengatakan dalam penyelesaian permasalahan PMI, diperlukan kerja sama dan sinergi antara Pemerintah Daerah maupun pihak aparat seperti Kepolisian dan TNI.

“Kerjasama ini penting dilakukan karena kita ada di kondisi yang memprihatinkan. Dimana ada angka pengangguran yang tinggi, termasuk dari PMI yang dipulangkan. Tentunya ini jadi tantangan tersendiri menghadapi permasalahan yang ada”, ungkapnya.

Diungkapkan Benny, beberapa permasalahan yang kerap terjadi dan di alami para pekerja migran diantaranya eksploitasi kekerasan fisik, kekerasan seksual, gaji tidak di bayar sesuai kontrak, PHK secara sepihak dan jam kerja melampaui batas.

“Ini yang harus menjadi fokus bersama BP2MI dan organisasi bagaimana kasus ini di tangani secara tepat dan respon yang cepat”, ungkap Benny.

Sementara itu, Ati Hendrawati selaku Kepala Bidang (Kabid) P3TKT (Pelatihan Produktifitas Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi) yang mewakili Disnakertrans KBB mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan ditunjuknya KBB sebagai tuan rumah ulang tahum BP2MI.

Baca Juga,  Si Covid Terjang 1 Keluarga di Cililin KBB, Satu Orang Meninggal Dunia
Ati Hendrawati selaku Kepala Bidang (Kabid) P3TKT (Pelatihan Produktifitas Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi)
Ati Hendrawati, Kepala Bidang  P3TKT 

“Alhamdulilah dan terima kasih kita (KBB) dipercaya sebagai tuan rumah untuk kegiatan pada ulang tahun BP2MI. Ini adalah suatu penghargaan besar, karena di KBB banyak PMI yang menghasilkan Devisa buat negara”, ungkap Ati.

Ati menyebut, sebagai langkah utama menghadapi sindikat yang meresahkan pihaknya akan mengundang Kepala Desa dari 160 Desa tersebut untuk dilakukan sosialisasi terkait segala hal yang harus diwaspadai jika ingin menjadi PMI.

Terkait banyaknya pengangguran di Bandung Barat, Ati mengungkapkan Disnakertrans sudah menyiapkan beberapa solusi untuk mengatasi hal tersebut.

“Kita berencana mengundang atau mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah khususnya SMK dan sebagainya untuk diberikan program-program apa saja yang harus mereka siapkan jika ingin bekerja di luar negeri”, jelas Ati.

Ati juga mengungkapkan ke depan Pemerintah KBB akan bekerjasama dengan Kementerian untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan yang bisa menggali skill untuk para calon pekerja migran.

“Saat pandemi ini kan semua anggaran dialihkan untuk penanganan Covid-19, mudah-mudahan ke depan saat kondisi lebih baik kita bisa melaksanakan pelatihan menggunakan APBD Provinsi dan berkordinasi dengan Kementerian”, terangnya.

Ati berharap dengan mempunyai skill lengkap dan pemahaman yang lebih luas, para pekerja migran tidak lagi menghadapi permasalahan seperti yang kerap terjadi selama ini.

“Semoga dengan menpunyai skill lengkap seperti kemampuan berbahasa asing, kemampuan teknis, mereka nanti tidak lagi menjadi objek ekploitasi, mengalami kekerasan, dan hal lainnya seperti yang selama ini kerap terjadi”, pungkasnya.

 

Reporter: Mohammad Addien/Abdul Kholilulloh

Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed