oleh

Bersama DLH KBB, LSM Jembar Gerakan Anggotanya Tanam 500 Pohon Produktif

Batujajar, BANGBARA.COM – Dalam rangka mendukung penghijauan yang berada pada DAS Citarum Harum, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bersama LSM Jembar lakukan penanaman 500 pohon. Rabu, (7/8/2019).

Penanaman pohon ini secara simbolis dilakukan oleh beberapa jajaran lainya diantaranya, Kapoksek, Danramil, Kepala Desa Cangkorah, dan Camat Batujajar, berikut dengan dukungan Dansektor 9 Citarum Harum.

Link Banner

Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Drs. Sobandi didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran Wiriawan menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai kepedulian akan penghijauan melestarikan alam, dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Berharap dengan kegiatan ini, selain dapat melestarikan alam disekitar kita, dapat juga meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Cangkorah, khususnya di RW 8 ini” kata Sobandi kepada Wartawan, Selasa, (7/8/2019).

Kabid Wiriawan juga memaparkan, hal ini dilakukan untuk menghidari lahan kritis agar tidak terjadi erosi pengikisan tanah yang berada pada tepi DAS Sungai Citarum Harum ini.

“Tujuan kami mengupayakan program pemerintah untuk Citarum Harum, dengan mencegah lahan kritis agar tidak terjadi erosi, berikut juga tanaman ini dapat menjadi penghasilan bagi masyarakat sekitar” jelasnya.

Selain itu pihak DLH juga akan melakukan langkah hal yang sama di lokasi yang lain seperti Lembang, sambil menunggu anggaran APBD, pihaknya akan memanfaatkan bantuan CSR yang ada.

LSM Jembar sebagai pelopor kegiatan ini melalui Ketua Umum nya Asep Mukti atau yang akrab di panggil Atek ini sangat berharap kerjasama dalam kegiatan semacam ini dapat berkesinambungan bersama DLH dan pihak-pihak yang lain.

“Kami berterima kasih kepada pihak DLH yang sudah membantu mengirimkan 500 pohon ini. Berharap hal ini dapat bermanfaat bagi kebutuhan ekonomi masyarakat. Dan berikutnya kerjasama dengan DLH ini terus berkesinambungan” papar Atek.

Baca Juga,  Toko Sembako Tagog Padalarang Ludes Dilalap Jago Merah

Nasrulloh Dansubsektor 9 yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menambahkan, pihaknya sangat berharap kedepanya masyarakat dapat menjaga hingga merawat tanaman produktif ini.

“Ini kegiatan yang sangat baik sekali, berharap untuk pengelola lingkungan ataupun masyarakat sekitar ini dapat memanfaatkan tanaman yang ada ini dan merawat dengan cara sering dilakukan penyiraman” tambahnya.

Kabupaten Bandung Barat dengan luas wilayah 1.305,77 km2 dan luas Kecamatan Batujajar 32,04 km2 merupakan kecamatan dengan luas terkecil, hanya 2,45℅ dari luas wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Berdasarkan kajian tutupan lahan yang di laksanakan oleh seksi konservasi pada tahun 2018 di peroleh data bahwa hanya 3,06℅ luas lahan yang berupa hutan lahan rendah sekunder dengan kerapatan sedang. Dan presentase terbesar 13,74℅ berupa semak belukar.

Atas dasar tersebut maka hari ini di laksanakan penanaman pohon di Kecamatan Batujajar yang juga merupakan bantaran sungai citarum.

Citarum merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Propinsi Jawa Barat. Dari hulunya yang terletak di Gunung Wayang KBB, Citarum mengalir sepanjang 297 kilometer hingga berakhir di hilir daerah Tanjung Kabupaten Karawang.

Sungai Citarum berperan penting bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat khususnya di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Selain sebagai sumber air minum, irigasi pertanian, perikanan, pembangkit tenaga listrik, Citarum juga sebagai pemasok air utama untuk kegiatan industri.

Di KBB sendiri, Sungai Citarum melintas hampir sepanjang 60 Km, dari mulai Curug Jompong yang berbatasan dengan kota Cimahi hingga Danau pada tujuh kecamatan itu. Yaitu, Kecamatan Padalarang, Batujajar,Cihampelas, Saguling, Cipatat, Cipendeuy dan Cililin.

Titik awal berada di Curug Jompong yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Titik Akhir yang berada di Danau Cirata yang berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga,  12 Jam, 2 Wanita Terjebak Dalam Reruntuhan Beton Terowongan Bandara Soetta

Khusus untuk sungai Citarum yang berada di Kabupaten Bandung Barat, Pangdam III Siliwangi telah menunjuk empat Komandan Sektor untuk melakukan kegiatan pemulihan DAS Citarum.

Selanjutnya Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat, melalui Dinas Lingkungan Hidup juga melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan di bidang Lingkungan Hidup.

(Adn)

Link Banner

Komentar

News Feed