oleh

Bareng Paguyuban Sampurasun, Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI Ace resmikan 2 Program Sosial di Saguling

Link Banner

Saguling, BANGBARA.COM. – Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Fraksi Partai Golkar, TB Ace Hasan Syadzily meresmikan 2 Program dari Kementerian Sosial (Kemensos) di Kampung Ciloa, Desa Jati, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Rabu (14/10/2020).

Tampak hadir dalam acara Pagelaran Seni dan Budaya iniĀ  perwakilan Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Barat (Jabar), perwakilan Dinsos KBB, Camat Saguling Asep Jarkasih, Kepala Desa Jati Imas Nurhayati, BPD, Ketua Karang Taruna, Finalis Mojang Jajaka KBB, serta tamu undangan lainnya.

Link Banner

“Ini merupakan peresmian 2 Program dari Kemensos, yakni Program Keserasian Sosial dan Program Kearifan Lokal”, terang pria yang akrab disapa Ace ini kepada awak media yang menemuinya.

Dijelaskan oleh Ace, Program Keserasian Sosial adalah dimana Pemerintah membuat alat deteksi dini untuk mencegah potensi konflik yang terjadi akibat berbagai persoalan di tengah masyarakat.

Pemberian bantuan masker dan APD untuk Tenaga Kesehatan dalam acara Pagelaran Seni dan Budaya di Kampung Ciloa, Desa Jati, Kecamatan Saguling, KBB, Rabu (14/10/2020).
Pemberian bantuan masker dan APD untuk Tenaga Kesehatan dalam acara Pagelaran Seni dan Budaya di Kampung Ciloa, Desa Jati, Kecamatan Saguling, KBB, Rabu (14/10/2020).

“Untuk di Desa Jati ini, kami memberikan berupa alat pengadaan air, karena persoalan air ini sering jadi potensi konflik. Jadi dengan adanya Program ini masyarakat bisa mengakses air dengan mudah hingga potensi konflik bisa disiasati dan diselesaikan”, jelasnya.

Sementara untuk Program Kearifan Lokal, dijelaskan Ace adalah dengan memberikan alat kesenian ke beberapa Lembaga agar potensi Seni bisa tumbuh karena mencerminkan jati diri Daerah.

“Untuk disini (Desa Jati), kami berikan bantuan kepada Paguyuban Sampurasun agar bisa terus menumbuhkan potensi kebudayaan serta pengembangan kesenian khususnya kesenian Sunda”, tutur Ace kembali.

Selain meresmikan Program Keserasian Sosial dan Program Kearifan Lokal, Ace juga menyebutkan tujuannya mengunjungi Desa Jati adalah juga untuk mengecek dan memastikan mengenai Program Sosial yang sudah diberikan Kemensos.

Baca Juga,  Puting Beliung Hantam Cililin KBB, 17 Rumah Porak Poranda, Ini dia Datanya
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, TB Ace Hasan Syadzilydi, berfoto bersama anggota Paguyuban Sampurasun.
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, TB Ace Hasan Syadzilydi, berfoto bersama anggota Paguyuban Sampurasun.

“Kami juga ada beberapa kegiatan lain seperti membagikan masker dan APD untuk Tenaga Kesehatan, serta mengecek dan memastikan Program Sosial seperi Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Bansos Tunai dari Pemerintah Pusat kepada warga yang tredampak Covid-19 disini tepat sasaran dan bisa memabntu masyarakat yang memang membutuhkan di tengah pandemi ini”, ungkap Ace.

Ace berharap masyarakat dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan segala bantuan yang telah diberikan dengan baik.

“Semoga bantuan berupa alat untuk air dan alat kesenian yang kami berikan dapat dijaga dan dioptimalkan dalam waktu lama, jangan hanya setahun atau dua tahun langsung rusak”, ucapnya.

Sementara itu, Heru Firdaus selaku Ketua DPP Paguyuban SAMPURASUN (Seniman Putra Putri Tatar Sunda) didampingi Sekjen Ruli Wardiana, dan Bendaharanya Ahmad Mubarok, mengungkapkan rasa syukurnya karena telah menerima bantuan dari Ace melalui Program Kearifan Lokal.

Kepala Desa Jati, Imas Nurhayati.
Kepala Desa Jati, Imas Nurhayati.

“Alhamdulillah, tadi kami terima bantuan untuk kebutuhan awal seperti seragam, alat seni, dan alat untuk kesekretariatan. Kita juga diamanatkan untuk mengadakan acara terkait budaya kearifan lokal”, terang Heru.

Menurut Heru, Paguyuban Sampurasun yang sudah berdiri sejak 27 April 2018 ini mempunyai Visi dan Misi melestarikan Seni dan Budaya khususnya Seni Budaya Sunda sebagai wadah seni untuk menyeimbangkan potensi di wilayah Tatar Sunda di Jawa Barat.

“Kita ingin merangkul kaum muda agar lebih mencintai budaya sendiri dan agar bisa bersaing dengan budaya luar”, ujar Heru.

Untuk bisa bersaing dengan budaya luar, Heru menyebut salah satunya adalah dengan mengikuti perkembangan jaman serta menghasilkan karya yang tidak monoton dalam segi pengemasan dan tampilannya.

Baca Juga,  Puluhan Photographer Bandung Raya Kumpul di Cafe Duarupa, Intip Jepret 5 Model Cantik

“Salah satu yang kami lakukan belum lama ini adalah mengangkat kuliner lokal khususnya Sunda, melalui lagu. Kami berharap anak muda bisa lebih mencintai budayanya sendiri. Bagi yang ingin bergabung bisa langsung datang ke sini, tidak ada batasan usia”, pungkasnya.

Camat Saguling, Asep Jarkasih.
Camat Saguling, Asep Jarkasih.

Camat Saguling Asep Jarkasih didampingi Kades Jati Imas Nurhayati menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Ace Hasan Syadzily yang sudah memberikan bantuan berupa Pipanisasi untuk kemudahan Air warga.

“Alhamdulillah, selain tadi meresmikan Tugu kami juga ikut meresmikan dua titik pengeboran air Pipanisasi di Desa Jati ini. Terimakasih untuk Pak Ace. Ini sangat bermanfaat bagi warga disini”, terang Asep kepada Bangbara.

Reporter: Mohammad Addien / Abdul Kholilulloh
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner

Komentar

News Feed