oleh

Banjir Besar Diawal Tahun 2020, Bupati Umbara Segera Bangun Kembali Tanggul Yang Jembol

Ngamprah, BANGBARA.COM. – Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB), Aa Umbara Sutisna, didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB, Apung Hadiat Purwoko, Asisten 1 yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Aseng Junaedi, dan beberapa pejabat lainya, mengunjungi beberapa titik lokasi bencana banjir di KBB pada hari ini, Rabu siang, (01/01/2020).

Dari pemantauan langsung di lokasi, menurut Umbara penyebab utama banjir adalah tanggul yang jebol akibat debit air melebihi kapasitas dari yang seharusnya. Hal ini akan segera diselediki dan dianalisa lebih dalam mengapa bisa sampai terjadi.

Menurutnya, dari 3 (tiga) titik yang terpantau yaitu Underpass Stasiun Padalarang, Daerah Desa Cimareme dan Kampung Pejagalan Desa Cipendeuy. Dan lokasi di Kampung Pejagalan adalah yang mengalami kerugian terbesar.

“Korban disini ada sekitar 70 KK (Kepala Keluarga), dengan jumlah sekitar 300 jiwa. Tinggi genangan air mencapai 1 sampai 1,5 meter. Kerugian secara materi juga pastinya lumayan fantastis”, jelas Umbara kepada para awak media di lokasi.

Lebih lanjut Umbara menjelaskan, untuk bantuan logistik sudah sangat aman dan tidak ada masalah. Dapur Umum juga sudah dibuat oleh Dinas Sosial, BPBD, Rumah Zakat, dan juga Kemensos.

“Untuk langkah antisipasi, besok (Kamis, 02/01/2020) Saya merencanakan akan segera mengadakan rapat kordinasi bersama BPPD, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup, dan Instansi terkait lainnya untuk mengatasi hal ini.”jelasnya.

Bupati menjelaskan yang paling utama menjadi pembahasan dalam rapat tersebut adalah agar tanggul yang jebol tersebut agar segera diperbaiki dan bisa di optimalkan, agar jika hujan besar turun lagi, tidak akan menjadi masalah yang terulang.

Secara khusus, Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka beserta anggotanya, Relawan BPPD, dan juga Lintas Komunitas, dan semua pihak yang bekerjasama dengan cepat ikut membantu warga.

Baca Juga,  Siap-siap, Konser Amal Tanda Launching Bandung Barat TV Digital, Akan Bagikan Hadiah Luar Biasa

(Gtr)

Editor: Mohammad Addien

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed