oleh

Bandung Barat Terima Rp.30 Miliar Untuk Penataan Situ Ciburuy

Padalarang, BANGBARA.COM – Awal tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebesar Rp.30 Miliar yang dialokasikan untuk penataan wajah obyek wisata Situ Ciburuy, sehingga bisa lebih baik dan lebih menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

“Insya Alloh pelaksanaannya akan segera dilakukan dibulan ini. Karena konsultannya sudah ada dan anggarannya sudah tersedia. Sedangkan kita hanya penerima manfaat saja, sebab proses lelang dan pelaksanaan serta penganggarannya dilaksanakan langsung oleh Pemprov Jabar,” kata Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna ketika meninjau langsung kondisi Situ Ciburuy, Selasa (8/1) siang tadi.

Menurutnya, Situ Ciburuy merupakan salah satu obyek wisata yang sangat terkenal di Bandung Barat, bahkan Jawa Barat. Hanya saja tingkat kunjungan wisatawan masih sangat rendah karena penataan dan pengelolaannya masih kurang baik.

Dengan penataan wajah Situ Ciburuy ini diharapkan mampu mendongkrak citra positif dan nama baik obyek wisata yang dijadikan judul lagu terkenal ini.

“Jika sudah tertata dengan baik, saya yakin keberadaan Situ Ciburuy bisa menjadi salah satu solusi memecah konsentrasi kunjungan wisata Kab. Bandung Barat yang selama ini terfokus ke kawasan Lembang dan sekitarnya. Dengan demikian, sektor pariwisata akan menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar bagi pemerintah,” harapnya.

Hingga saat ini, KBB menjadi destinasi wisata terbesar ke 10 di Indonesia. Dan dengan penataan Situ Ciburuy ini bisa mendongkrak hingga menjadi posisi 5 besar.

“Saya meminta seluruh stakeholder dan masyarakat Ciburuy untuk turut mendukung program baik ini. Sebab, yang akan merasakan dampak positifnya adalah masyarakat” tuturnya.

Untuk sementara, Bupati menyebutkan, penataan dilakukan untuk mempercantik muka dan fasilitas yang bersifat urgent saja.

“Jika melihat kondisi saat ini, setidaknya butuh Rp. 100 Miliar untuk penataan Situ Ciburuy. Diharapkan Pemprov bisa memberikan kucuran dana tambahan ditahun-tahun berikutnya,” ucapnya. (KBB)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed