oleh

Angkat Bandung Barat Selatan, Wanita Cantik Ini Ciptakan Usaha Baru

Cililin, BANGBARA.COM – Dua tahun yang lalu, tepatnya pada akhir tahun 2016 di bulan November kumpulan para muda-mudi Karang Taruna Unit 3 Desa Batulayang, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) berkumpul dengan bahasan kecil. Obrolan semakin serius, sehingga terbentuk ide kreatif dalam pengembangan Ekonomi untuk masyarakat.

Yuli Yanti wanita berparas cantik yang lahir di Bandung 5 juli 1995 ini, memimpin rekan lainya untuk membuat sebuah usaha untuk mengangkat potensi-potensi yang ada di daerah tersebut, khususnya dalam bidang pengembangan dan pemasaran Gula Aren yang selama ini kurang tersentuh oleh Pemerintah.

Wanita yang akrab disapa Neng Yuli ini, adalah seorang karyawan honorer di kecamatan Cililin, yang tinggal di Kp.Tangan-tangan Rt 002 RW 16 Desa Bongas Kecamatan Cililin. Dan merencanakan membuat sekretariat ‘Gandrung Alam’ tersebut di Kampung Cikakak Rt 03 Rw 02 Desa Batulayang Kecamatan Cililin, KBB.

“Saya dan teman-teman melakukan karya mandiri dengan menciptakan kreasi atau suatu inovasi baru untuk mengangkat perekonomian daerah dan membuka lapangan pekerjaan untuk para warga di sekitar, dan seluruh Bandung Barat umumnya” Papar Yuli kepada Bangbara.com melalui ponselnya.

Sebuah hasil karyanya tersebut, Yuli bersama rekannya membentuk Kelompok Usaha atau Home industri yang diberi nama ‘Gandrung Alam’ yang artinya ‘Rindu Dengan Alam’. tekad ini kini sudah terwujud dengan sebuah produk yang membutuhkan ukuran tangan pemerintah untuk legalitas dan kemajuan usaha tersebut.

“Mengangkat potensi-potensi yang ada di selatan ini khususnya dalam bidang pengembangan dan pemasaran Gula Aren yang selama ini kurang tersentuh oleh Pemerintah.
Rencananya tempat ini akan dijadikan sekertariat GANDRUNG ALAM, untuk memproduksi dan mengembangkan Produk yang akan kami olah” ujarnya,

Visi Gandrung Alam, yaitu ingin Mengangkat dan mensejahterakan para petani guna menciptakan kreasi hasil bumi yang dapat bersaing dengan produk unggulan dari daerah-daerah lain dan bisa menembus pasar internasional.

Misi Gandrung Alam ini yaitu sebagai budi daya pohon aren, pengembangan home industri guna menciptakan produk yang berkualitas, meningkatkan perekonomian masyarakat dalam bidang pengembangan usaha, yang diambil dari hasil bumi. Membuka lapangan pekerjaan, serta menampung dan memaskar hasil produk petani dan pengrajin gula aren.

Dibentuknya kelompok usaha Gandung Alam adalah guna menyadarkan dan mengajak masyarakat yang memiliki pohon aren untuk merawat dan membuat gula aren sehingga hasilnya kami tampung dan dipromosikan di pasar-pasar lokal, Nasional, bahkan internasional, untuk dapat bersaing degan produk produk unggulan dari daerah lain. (Adn)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed