oleh

Anggaran Gubernur Rp3 Milliar, Saatnya Curug Malela Ganti Penampilan

Rongga, BANGBARA – Pemerintah Provinsi Jawa Barat nampak serius dalam mengembangkan kekayaan pariwisatanya. Hingga menggelontorkan anggaran Rp3 Milliar untuk pembangunan Curug Malela dengan penampilanya yang baru.

Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) Aa Umbara Sutisna didampingi Kadis Disbudpar KBB Sri Dustirawati, melakukan peletakan batu pertama penataan dan pengembangan curug malela di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Bandung Barat. Selasa (10/9/2019).

Melalui perwakilan Gubernur dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) provinsi Jawa Barat Erick Hendriana, berikut dengan Administrasi Perhutani Tedi Sumarto ikut hadir untuk melakukan pemasangan batu pertama itu.

Menurut Erick dalam sambutanya menyampaikan, anggaran ini diberikan kepada seluruh Kabupaten/Kota yang memiliki destinasi, sekaligus melengkapi visi Jabar.

“Melengkapi visi Jabar juara lahir batin, untuk itu pariwisata merupakan salah satu program unggulan, melangkapi visi itu. Dan Jabar memiliki kekayaan pariwisata.” kata Erick.

Umbara Curug Malela
Foto/Agus

Ada beberapa bangunan yang akan di bangun. Mulai dari shelter, plaza, anjungan, jembatan penyeberangan, penataan akses jalan dan tempat selfie untuk para wisatawan yang akan menikmati keindahan Curug Malela.

Hal tersebut tentunya dilakukan bagaimana bisa menarik para wisatawan yang berkunjung ke curug malela.

“Saya mengajak kepada seluruh wisatawan yang senang melihat curug malela, dari sekarang sudah mulai dikerjakan. Mudah-mudahan selesai dalam waktu 3 bulan,” ujar Aa Umbara.

Aa mengatakan, pembangunan Curug Malela tersebut menggunankan anggaran dari pemerintah Provinsi Jawa Barat. Anggaran sekarang baru sekitar 3 miliar dan pada tahun 2020 dan berharap akan ada anggaran lagi.

Batu Pertama curug malela
Foto/Agus

“Mudah – mudahan nanti pak Gubernur bisa ngasih tambahan lagi karena memang wilayah selatan KBB akan dijadikan maskot dengan Curug Malela yang menjadi unggulan,” katanya.

Dalam mendukung pembangunan pariwisata di wilayah selatan, tentunya pemerintah Bandung Barat pada tahun 2020 akan memperlebar akses jalan menuju kawasan Curug Malela.

Baca Juga,  Bersama BNN KBB, Hengki Ajak Milennial Jauhi Narkoba

“Sekarang lebarnya baru 2 setengah meter hingga 3 meter, kedepannya akan dibuat menjadi 3 meter,” tutur Aa panggilan akrabnya sang Bupati ini.

Persiapan untuk tahun 2020 akses akan dibuka lebih lebar, jarak tempuh dari Padalarang ke Curug Malela dipastikan tidak akan memakan waktu lama.

Lebih lanjut Aa memastikan, pada tahun 2021 semua dapat seleaai, dan akan bisa dinikmati karena tahun 2020 baru pengerjaan jalannya.

“Itu pun bukan hanya satu akses di Bandung Barat yang akan diperlebar untuk menuju obyek wisata. Karena memang ada 10 obyek wisata di Bandung Barat akan di buka di tahun 2020,” tambahnya.

(Adn)

Komentar

News Feed