oleh

Alun-alun Cililin Tetap Dijadikan Lokasi Shalat Ied, Kades Persiapkan Keamanan dan Kesehatan Warga

Link Banner

Cililin, BANGBARA.COM. – Kepala Desa Cililin, Tedi Kusniadi beserta gabungan dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Linmas Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten bandung Barat (KBB) melakukan Apel Siaga menjelang malam Idul Fitri di Lapangan Alun-alun Desa Cililin, Sabtu (23/05/2020).

“Tujuan dilakukan apel siaga malam ini karena dalam malam takbiran ini ditakutkan terjadi hal yang tidak diinginkan dari sisi keamanan, sekaligus menjaga situasi di lapangan sampai besok waktu Shalat Ied”, ujar Tedi.

Link Banner
Tedi Kusniadi, Kepala Desa Cililin.
Tedi Kusniadi, Kepala Desa Cililin.

Selain berjaga di sekitar lapangan alun-alun, menurut Tedi puluhan anggota Linmas juga akan berkeliling di tiap RW untuk menjaga keamanan di Desa Cililin.

Terkait pelaksanaan Shalat Idul Fitri, Tedi menjelaskan bahwa pelaksanaan Shalat Ied akan di bagi di beberapa Masjid di tiap RW, jadi tidak hanya terpusat di Lapangan Alun-alun seperti tradisi setiap tahunnya.

“Walaupun MUI KBB sudah meminta maksimal jamaah Shalat Ied maksimal 50 orang, namun tampaknya agak sulit dilaksanakan karena antusias masyarakat yang sangat tinggi untuk Shalat Ied. Makanya kami antisipasi dengan tetap menjalankan protokoler kesehatan saja”, ungkapnya.

Dilanjutkannya, Tedi telah menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker pada saat Shalat Ied, lalu dari panitia pelaksanaan shalat di tiap Masjid dan lapangan juga menyiapkan Hand Sanitizer dan mengatur jarak shaf sejauh 1 meter.

Kades Cililin, Tedi Kusniadi memimpin Apel Siaga Linmas di Lapangan alun-alun Desa Cililin. Sabtu (23/05/2020).
Kades Cililin, Tedi Kusniadi memimpin Apel Siaga Linmas di Lapangan alun-alun Desa Cililin. Sabtu (23/05/2020).

“Intinya, kita tidak bisa melarang masyarakat yang ingin Shalat Ied, namun kami tetap ingatkan dan antisipasi dengan persyaratan mematuhi protokoler kesehatan dari pemerintah”, tutur Tedi kembali.

Menurut Tedi, walaupun Desa Cililin masuk dalam Zona Biru (cukup aman) dalam penyebaran Covid-19, namun pihaknya akan tetap waspada dan menghimbau masyarakat selalu menjaga kondisi dan kesehatan dan ikuti aturan dari Pemerintah.

Baca Juga,  Pussimpur Kodiklatad Dukung Latihan Posko 1 Yonif Raider 301/PKS Berbasis IT

Terkait para pemudik yang kemungkinan sudah tiba di wilayahnya, Tedi menghimbau agar para pemudik tersebut untuk melakukan Shalat Ied di rumah saja, karena sesuai aturan pemudik yang baru tiba harus melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

Apel Siaga Linmas di Lapangan alun-alun Desa Cililin. Sabtu (23/05/2020).
Apel Siaga Linmas di Lapangan alun-alun Desa Cililin. Sabtu (23/05/2020).

“Ya ini demi kebaikan dan keamanan seluruh masyarakat Desa Cililin juga. Jadi Untuk para pemudik yang sudah tiba di Desa Cililin, tolong lakukan isolasi mandiri dan lakukan Shalat Ied di rumah saja”, pungkasnya.

Sambil mempersiapkan beberapa akses keamanan dan kesehatan untuk lokasi shalat Ied, nampak alun-alun Cililin penuh dengan garis-garis shaf dengan menggunakan tali plastik yang sudah ditentukan dengan jarak 1 meter.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed