oleh

Akhirnya Gaji 796 Guru Non Inpassing KBB Terbayarkan

 

PADALARANG, BBPOS – Seperti pada lagu Iwan Fals “Umar Bakri” Guru menjadi tauladan bagi bangsa, dimana kebutuhan akan pendidikan menjadi tuntutan sepanjang masa. Sejarah Umar Bakri menunjukan dengan hanya bermodalan sepeda ontel dan menelusuri beberapa kilo meter dengan kondisi perjalanan yang rusak seorang Guru Umar Bakri terus berjuang demi kemajuan bangsa Indonesia. Berbeda dengan kondisi saat sekarang ini, Kebutuhan akan kesejahteraan menjadi tuntutan untuk bisa berkarya di segala bidang.

796 orang Guru Honorer Non Inpassing di Bandung Barat yang terhutang sejak 2015 akhirnya bisa bernafas lega karena pembayaran gaji nya sudah dapat di terima, setelah para guru harus berpuasa dan menahan penagih hutang-hutang kebutuhan hidupnya, kini terbayarkan oleh pihak Kanwil Provinsi Jawa Barat yang terhitung sejak Senin, (13/11/2017).

Menurut Arom salah satu Guru MI (Madrasah Ibtidaiah) Aljihad yang berada dikampung kepuh ia mengatakan, Ratusan guru Non Inpassing dibawah naungan Kementrian Agama, mulai dari guru RA,MI, MTs, dan MA, terbayarkan melalui Bank BRI Asia Afrika Bandung, dengan antrian yang panjang, tidak mengurangi semangat pada para guru honorer itu untuk antri karena kebutuhan hidup yang selama ini tertunda. “ Alhamdulillah setelah lama di tunggu akhirnya kami terima juga Gaji yang ditunggu-tunggu itu semoga kedepanya Gaji guru tidak terhambat seperti ini lagi”Katanya.

Menurut Enjah salah satu Staf seksi pendidikan madrasah Kementrian Agama bandung barat, bahwa total guru Inpassing Di Kbb terdiri dari 1117 Orang, dan Guru non Inpassing ada 1200 Orang. Sedang  796 orang non inpassing yang terhutang pada tahun 2015 dibayarkan selama 4 bulan September sampai dengan Desember diberikan oleh kanwil langsung bukan oleh kementrian Agama KBB, total yang di terima masing-masing guru itu sebesar 1.5 juta per Bulan jika empat bulan maka semua  6 juta lalu di potong Pajak 5% sehingga bersih para guru itu menerima sebesar 5.7jt. Memang ada perbedaan gaji guru inpassing dan non inpassing yang sudah sertifikasi “ Guru non inpassing mendapatkan gaji  perbulan sebesar 1.5jt  sedangkan guru inpassing sekitar 2.5jt atau tergantung pada tingkat  golongan guru tersebut, namun semua Gaji itu belum dipotong PPh, PPN”tutur Enjah saat di konfirmasi melalui telpon.

Kepala Kemenag (Kementrian Agama) KBB H.Asep Ismail saat di mintai keterangan melalui telpon Ia menambahkan, permasalahan ini bukan dibandung barat saja, tapi seluruh kabupten kota seindonesia. “kita hanya mengusulkan ke pemerintah pusat melalui DPR RI komisi 8, dan Kementrian Agama pusat, agar permasalahan keterlambatan Gaji untuk guru ini tidak terulang lagi pada bulan,dan tahun berikutnya”tutur Asep

(Adn/Dri)

83total visits,1visits today

Komentar

News Feed