oleh

Akhirnya 264 KK Desa Kertamulya Terima BLT Tahap Pertama

Link Banner

Padalarang, BANGBARA.COM. – Sebanyak 264 Kepala Keluarga (KK) di Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2020, pada Jum’at (22/05/2020).

“Di tahap 1 sudah digunakan 35% Anggaran Dana Desa untuk BLT yaitu sebanyak Rp471 Juta untuk 264 KK. Akan ada 2 tahap lagi nantinya. Masing-masing penerima akan menerima Rp600 Ribu tiap tahapnya, jadi total untuk 3 tahap yakni 3 bulan total menerima Rp1,8 Juta”, ujar Farhan Fauzi S.Kom, Kepala Desa Kertamulya yang ditemui, Sabtu (23/05/2020).

Link Banner

Farhan menjelaskan, bahwa data penerima BLT ini diambil berdasarkan usulan dari RT/RW yang lebih mengetahui kondisi di lapangan para warga yang kondisinya benar-benar menbutuhkan bantuan.

Ditambahkannya, walaupun sudah banyak jalur bantuan dari Pemerintah, namun melihat jumlah masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam kondisi pandemi Covid-19 ini sangat banyak, memang bantuan yang diberikan dirasa belum cukup.

Farhan Fauzi S.Kom, Kepala Desa Kertamulya.
Farhan Fauzi S.Kom, Kepala Desa Kertamulya.

“Karena memang banyak yang membutuhkan, kami (pihak Desa Kertamulya) berusaha agar jangan sampai terjadi double data penerima agar semua masyarakat bisa mendapatkan bantuan pemerintah secara maksimal”, tuturnya.

Cara yang dilakukan Desa Kertamulya untuk menghindari double data ini adalah dengan menyiapkan petugas khusus yang ditugaskan untuk mengelola data bantuan sosial bagi warga Desa Kertamulya.

Dijelaskan kembali oleh Farhan bahwa untuk penyaluran dan pendistribusian BLT ini, dilakukan di Kantor Desa Kertamulya, dengan tujuan agar lebih transparan dan diketahui oleh masyarakat.

“Bukannya sengaja membuat kerumuna, tapi tujuannya supaya lebih transparan dan menghindari dugaan terjadi penyelewengan data atau dana. Toh kami tetap memperhatikan protokoler kesahan juga kok saat dilakukan pembagian BLT ini”, pungkasnya.

Baca Juga,  DLH KBB Apresiasi Desa Kertawangi Dengan 'Kampung Kurang Sampah' Dari Potensi Pengolahan Sampah

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed