oleh

834 Jiwa dari 7 Desa di 2 Kecamatan Jadi Korban Banjir Bandang, Ini Dia Datanya

Link Banner

Padalarang, BANGBARA.COM. – Intensitas hujan tinggi dengan durasi waktu yang lama, yang disertai luapan sungai, serta drainase saluran air yang tidak berfungsi dengan baik, membuat banjir bandang melanda wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) sekitar pukul 17.00 s.d 18.30 WIB pada hari Minggu (29/03/2020) kemarin.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, wilayah yang terdampak banjir bandang tersebut adalah Kecamatan Padalarang (6 Desa) dan Kecamatan Ngamprah (1 Desa) dengan ketinggian air rata-rata 30 s.d 60 cm, dimana air baru surut sekitar pukul 19.00 WIB dan tidak terdapat korban jiwa.

Link Banner

Berikut adalah kondisi terakhir yang dirangkum Redaksi Bangbara.Com berdasarkan rilisan data yang diterima dari Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KBB Duddy Prabowo, melalui pesan singkat WhatsApp, Senin (30/03/2020).

1. Kecamatan Padalarang
Terdapat 6 Desa yang terkena dampak yakni Desa Margajaya, Desa Cipeundeuy, Desa Laksanamekar, Desa Jayamekar, Desa Cimareme, dan Desa Kertajaya, dengan jumlah jiwa terdampak sebanyak 175 KK dengan 732 jiwa.
Total Rumah yang terendam sebanyak 177 rumah dengan 3 rumah yang mengalami rusak berat. Selain itu terdapat pula 1 Masjid dan 4 Musholla yang terdampak.

2. Kecamatan Ngamprah
Terdapat 1 Desa yang terkena dampak yakni Desa Mekarsari, dengan jumlah jiwa terdampak sebanyak 34 KK dengan 102 jiwa, dan 26 rumah terendam.

Menurut Duddy, Tim BPBD bersama Aparatur Kewilayahan (Desa, Kecamatan, Polsek, Koramil), Relawan PB melakukan pendataan dan kaji cepat ke lokasi bencana, mengungsikan warga terdampak ke kerabat terdekat, membantu evakuasi barang milik warga yang terdampak, dan pemasangan tenda bagi warga yang mengungsi.

“Segala bentuk perkembangan di lokasi bencana akan dilaporkan kembali sesuai perkembangan di lapangan”, jelas Duddy di akhir pesan singkatnya.

 

Gallery :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Baca Juga,  Kabupaten Bandung Barat Belum Ikhlas Jika Disebut Zona Kuning

Komentar

News Feed