Data Corona Indonesia

Terkonfirmasi
1,919,547
+8,189
Meninggal
53,116
+237
Sembuh
1,751,234
Active
115,197
Last updated: 14 Juni 2021 - 10:53 pm (+07:00)

Data Corona Selengkapnya Klik di Sini

Indonesia
Terkonfirmasi 1,919,547 +8,189 new today Meninggal 53,116 +237 new today Sembuh 1,751,234 Active: 115,197 Last updated: 14 Juni 2021 - 10:53 pm (+07:00)
Link Banner
20

6 Curug di Desa Kemang Kabupaten Cianjur, Ternyata Terbengkalai Belum Tersentuh Pemerintah

  • Bagikan
Obyek Wisata Curug Dengdeng yang terletak di Desa Kemang, Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Obyek Wisata Curug Dengdeng yang terletak di Desa Kemang, Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
banner 728x90

Cianjur, BANGBARA.COM. – Keindahan wisata di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar) sudah tidak perlu diragukan lagi keberadaannya, terutama objek wisata berupa Curug (air terjun).

Salah satunya adalah wilayah Desa Kemang, Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur yang cukup terkenal di kalangan para wisatawan dengan beberapa objek wisata Curugnya.

banner 728x90 banner 728x90
Obyek Wisata Curug Munding yang terletak di Desa Kemang, Desa Kemang, Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Obyek Wisata Curug Munding yang terletak di Desa Kemang, Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Di Desa Kemang sendiri terdapat 6 Curug yang dapat menjadi aset Pendapatan Asli Desa (PADes), maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten, seperti Curug Pancuran, Curug Lalay, Curug Munding, Curug Dengdeng, Curug Ciung, dan Curug Nini.

“Destinasi Wisata Alam di Desa kami banyak, terutama Curug (air terjun) karena wilayah kami secara geografis berada di daerah pegunungan yang di dalamnya terdapat banyak sungai yang bermuara ke sungai Citarum”, terang Dadan Rahadian Subarna, Kepala Desa Kemang kepada Bangbara, Minggu (05/07/2020).

Obyek Wisata Curug Pancuran dan Curug Lalay yang terletak di Desa Kemang, Desa Kemang, Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Obyek Wisata Curug Pancuran dan Curug Lalay yang terletak di Desa Kemang, Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Namun yang sangat disayangkan menurut Dadan, potensi wisata ini belum di tata kelola dengan baik, dan belum bisa menjadi sumber PADes. Baru sebatas menjadi tujuan wisata lokal Desa sekitar Kabupaten Cianjur saja.

“Rencana ke depan di Tahun 2021, kita (Pemerintah Desa) telah membuat program penataan Destinasi Wisata menjadi Wisata Desa yang bisa menghasilkan PADes, untuk mendorong Desa kami menjadi salah satu Desa Wisata di Kabupaten Cianjur.

Warga bergotong royong memperbaiki akses jalan menuju Obyek Wisata Curug di Desa Kemang, Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Warga bergotong royong memperbaiki akses jalan menuju Obyek Wisata Curug di Desa Kemang, Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Menurut Dadan, untuk mewujudkannya perhatian Pemerintah Kabupaten atau Provinsi sangatlah dibutuhkan terutama dalam hal akses jalan sepanjang 3 km menuju Desa Kemang dari arah Desa Sukaratu yang saat ini dalam kondisi rusak parah, apalagi jalan tersebut berstatus sebagai Jalan Kabupaten.

“Kami berharap semoga ke depannya Desa Kemang bisa lebih maju dan berkembang, baik dari sisi Pembangunan Infra Struktur, Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pembangunan perekonomian masyarakat, sehingga tujuan menjadi Desa Sejahtera dan Mandiri dapat terwujud”, pungkasnya.

Dengan kondisi ini, warga Desa Kemang diikuti sang Kepala Desa berharap agar pemerintah Kabupaten, maupun Pemprov Jabar dapat ikut membantu memberikan perhatian khusus dari infrastruktur maupun akses lainya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

banner 728x90
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan