oleh

5 Cara Agar Lebih Produktif Dalam Perdagangan Selama COVID-19 Lockdown

Link Banner

Opini, BANGBARA.COM.- Wabah corona telah memberikan dampak yang begitu luas terhadap beragam sektor kehidupan. Ekonomi tidak terkecuali. Di tengah kondisi global yang menderita akibat wabah ini, Anda tetap perlu menjaga diri tetap produktif.

Secara khusus bagi Anda yang terlibat atau melakukan aktivitas perdagangan, menjaga diri tetap atau bahkan lebih produktif selama penguncian total (PSBB) atau lockdown Covid-19 sangatlah
penting.

Link Banner

Alasannya adalah karena hal ini terkait erat dengan kemampuan Anda untuk bisa bertahan hidup. Dengan menjaga diri tetap produktif, Anda bisa lebih optimal dalam melakukan perdagangan dan pada saatnya, memperoleh keuntungan dengan lebih optimal pula.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kami mencoba untuk menyajikan 5 cara yang dapat Anda lakukan agar bisa lebih produktif dalam perdagangan selama penguncian total Covid-19. Berikut adalah kelima cara tersebut.

1. Selalu Pantau Pergerakan Pasar Global

Perdagangan yang Anda lakukan erat kaitannya dengan pergerakan pasar global.  Dinamika yang terjadi sekecil apapun dapat berdampak signifikan terhadap kondisi pasar dan dengan demikian, nilai atau harga dari aset yang Anda perdagangkan.

Untuk dapat tetap produktif selama masa penguncian total  menghasilkan wabah covid-19, Anda harus memastikan diri sendiri untuk senantiasa memahami setiap detail  yang terjadi di pasar global, regional, bahkan hingga nasional seperti mengetahui moving average.

2. Evaluasi Strategi Anda

Cara kedua yang dapat Anda gunakan agar tetap atau bahkan lebih produktif selama masa penguncian total akibat pandemi kali ini adalah dengan mengevaluasi strategi perdagangan Anda.

Akibat perubahan kondisi dunia yang begitu cepat, beberapa negara dan bahkan pasar bursa dunia mencoba menyesuaikan diri dengan melahirkan beberapa kebijakan.

Kebijakan-kebijakan tersebut dilakukan untuk mengadaptasi diri dengan perubahan yang terjadi begitu drastis.

Baca Juga,  2 Orang Tewas Tenggelam Saat Selamatkan Temanya di Sungai Saguling

Ketika ekonomi di berbagai belahan dunia mengalami kontraksi, hal ini akan berdampak pada dinamika pasar aset yang Anda perdagangkan.

Strategi yang Anda gunakan sebelumnya belum tentu bisa bekerja setidaknya sama baik pada kondisi saat ini.

Strategi yang menurut Anda akan memberikan hasil yang optimal pada kondisi dunia sebelum wabah pandemi corona, belum tentu bisa menghasilkan keuntungan bahkan sepeser pun di tengah wabah ini.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan penyesuaian strategi dalam melakukan perdagangan.

3. Intenskan Belajar

Cara berikutnya masih terkait erat dengan cara kedua. Untuk bisa mengevaluasi dan mengoptimalkan strategi Anda dalam melakukan perdagangan, Anda perlu mengetahui cara yang terbaik melakukannya.

Untuk ini, Anda perlu mengintensifkan belajar cara-cara dan strategi terbaik dalam melakukan perdagangan. Anda bukan satu-satunya orang yang terdampak  kebijakan ini. Ada begitu banyak orang lain yang mengalami hal sama.

Beberapa dari mereka mungkin terkendala dalam melanjutkan perdagangan, tapi ada juga yang sukses. Setidaknya belajarlah dari mereka dan Anda akan bisa lebih produktif selama masa penguncian total ini.

4. Kelola Dana Anda Dengan Baik

Kondisi wabah yang begitu cepat terjadi dan luas ini menimbulkan dampak yang begitu besar di berbagai sektor kehidupan. Ketika Anda melakukan transaksi, salah satu hal yang paling penting adalah memiliki modal yang cukup untuk melakukan transaksi.

Ketika terjadi wabah, bisa jadi Anda mengalami penurunan penghasilan. Hal ini bisa berdampak pada penurunan jumlah modal untuk melakukan perdagangan.

Oleh karena itu, untuk bisa lebih produktif dalam perdagangan, Anda harus bijak dalam mengelola dana. Upayakan menyisihkan sejumlah dana untuk bisa tetap melakukan perdagangan, termasuk ketika Anda berhasil mendapatkan keuntungan.
Sisa dari keuntungan baru dapat Anda gunakan untuk keperluan lain di luar aktivitas perdagangan.

5. Pantau Kebijakan Bank Sentral

Cara berikutnya yang tidak kalah penting adalah memantau kebijakan bank sentral. Kontraksi ekonomi yang disebabkan wabah akan memicu bank sentral untuk melakukan relaksasi ekonomi guna menopang pertumbuhan dan kondisi ekonomi nasional.

Baca Juga,  Pertama Kali Bupati KBB Melantik 127 Pejabat Secara Virtual Online, Ini Dia Daftar Nama Yang Dilantik

Tergantung dari kebijakan yang dibuat, hal ini bisa berdampak pada kondisi bursa aset yang Anda perdagangkan, misalnya dalam bentuk  pelonggaran tingkat suku bunga.

Oleh karena itu, cara berikutnya yang harus Anda terapkan adalah  senantiasa memantau perkembangan kebijakan  bank sentral. (Adv)

 

Hasan Putra
Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed