oleh

150 Jiwa dari 3 Desa di Gununghalu Jadi Korban Banjir Bandang, Ini Dia Datanya

Link Banner

Gununghalu, BANGBARA.COM. – Intensitas hujan tinggi dengan durasi waktu yang sangat lama, melanda wilayah Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengakibatkan Banjir Bandang yang melanda tiga Desa. Kamis, (26/03/2020).

Tiga Desa yang terkena banjir bandang tersebut adalah Desa Gununghalu, Desa Sirnajaya, dan Desa Bunijaya, yang terjadi pada pukul 14.00-18.00 Wib.

Link Banner

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB), merilis data terbaru pasca banjir bandang yang terjadi akibat meluapnya Sungai Cidadap itu.

Dari data yang diterima Redaksi Bangbara.com, berikut adalah kondisi terkini beberapa wilayah yang terdampak bencana.

1. Desa Gununghalu

– Kampung Sadatar: Sawah Terendam
– Kampung Tangsi: Sawah dan Tanaman Palawija Terendam
– Kampung Ciawitali: Jembatan Bambu (Rusak Ringan)
– Kampung Cibanteng: Sawah Terendam
– Kampung Leuwi Larangan: Sawah dan Jalan Lingkungan Rusak 10 Meter
– Komplek Perkebunan Montaya: 2 Bedeng Terendam

2. Desa Sirnajaya

– Komplek Perkebunan : 1 Bedeng, 1 Mesjid (Terendam)
– Kampung Pasanggrahan : 3 Rumah dan 1 Pesantren Al-Jihad (Terendam), 6 Kolam (Terendam)

3. Desa Bunijaya

– Kampung Ciawitali : 1 Rumah (Terendam)
– Kampung Cibolang : 1 Rumah (Terendam)

“Dampak dari bencana ini adalah 18 KK (150 jiwa) yang tersebar di 3 (tiga) Desa (Gununghalu, Sirnajaya, dan Bunijaya), dan kerusakan peralatan rumah tangga di rumah yang terendam”, terang Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KBB Duddy Prabowo, melalui pesan singkat WhatsApp, Kamis (26/03/2020) malam.

Duddy menambahkan, untuk hal yang mendesak adalah pembersihan material banjir bandang, perbaikan jembatan bambu, perbaikan jalan lingkungan, alat kebersihan keluarga, dan paket sembako untuk warga terdampak.

“Segala bentuk perkembangan di lokasi bencana akan dilaporkan kembali sesuai perkembangan di lapangan, karena saat ini terkendala cuaca dan minim pencahayaan”, jelas Duddy di akhir pesan singkatnya.

Sementara itu, Hari Mustika selaku Camat Gununghalu menerangkan upaya yang telah dilakukan adalah Tim BPBD bersama Aparatur Kewilayahan (Desa, Kecamatan, Polsek, Koramil), Relawan PB melakukan pendataan dan kaji cepat ke lokasi bencana, dan mengungsikan warga terdampak ke kerabat terdekat.

“Untuk pembersihan material banjir bandang akan dilakukan secara bergotong-royong bersama Aparatur Kewilayahan, masyarakat pada esok hari (Jum’at, 27/03/2020)”, terang Hari melalui video yang dikirimkan ke redaksi.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Baca Juga,  Kaget Terima Status Zona Biru Menjadi Kuning, Pemkab Bandung Barat Sampaikan Ada Kesalahan Data

Komentar

News Feed