oleh

10 Rumah Rusak, Diterjang Longsor di Cikalong Wetan

Cikalong Wetan,  BANGBARA.COM – Rabu sore, Kabupaten Bandung Barat (KBB) diterpa hujan lebat. Sekitar pukul 5 sore hingga hari ini hujan terus turun. Dan terjadi pergerakan tanah hingga mengakibatkan longsor yang merusak 10 rumah di Kampung Cibologontok RT. 003 RW. 015 Desa Mandalasari Kecamatan Cikalongwetan KBB. Rabu, (5/12/18).

Dimulai sekitar pukul 10 pagi hujan deras terus menerus tidak henti. Akibat dampak kejadian tersebut, mengakibatkan longsoran tanah sepanjang 20 meter dengan ketinggian 15 meter sehingga 2 unit rumah terancam gerusan longsor, dan 1 unit rumah terdampak timbunan longsor, serta 7 unit rumah lainya terancam pergeseran tanah, dengan tanda-tanda retakan pada rumah serta retakan pada tanah yg melintang secara vertikal.

Link Banner

Saksi kejadian tersebut disampaikan oleh Asep Jahya (28) dan Ujang Saepudin (47) warga Cibologontok Cikalong Wetan tersebut, membeberkan kronologisnya sehingga data rumah yang rusak dan terancam pada kemungkinan longsor yang berikutnya, hal ini menjadi harapan untuk bantuan semua pihak termasuk pemerintah setempat.

Akibat longsoran tersebut, data rumah dan pemilik yang terancam diantaranya Rumah milik Anah bin Adi (Alm), dan rumah milik Yuli Yuliani bin Enjah (Alm). Sedangkan rumah yang terdampak timbunan longsor tersebut yaitu rumah milik Subaryat (61).

Untuk rumah yang terancam pergerakan pada tanah diantaranya milik Jajang Rusmana (39), Amar (59), Amin Taufik (48), Candra Hayat (28) Oneng (50), Idah (87), dan Deri (46).

Atas kejadian tersebut kelompok sosial Cikalong Peduli bersama petugas Damkar KBB, dan BPBD KBB, serta unsur masyarakat lainya, ikut bersama-sama bekerja keras untuk merapihkan matrial yang rusak akibat longsor tersebut.

Menurut Ketua Cikalong Peduli Agus menyampaikan kepada Bangbara.com, evakuasi sedang dilakukan dengan mengajak semua masyarakat untuk bekerja bakti untuk membersihkan matrial yang menimbun rumah tersebut.

“Upaya kami di lapangan dengan mengevakuasi rumah yang terancam lonsor, dengan mengajak masyarakat untuk kerja bakti membersihkan rumah yg tertimbun longsoran dari tanah tebing, dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat yg terancam pergerakan tanah, apabila ada tanda-tanda yang memungkinkan getaran pada bumi, dipastikan untuk segera meninggalkan lokasi” jelasnya.

Akibat dari kejadian tersebut 1 unit rumah milik Yuli Yuliani Rusak Berat dan 9 unit rumah lainya rusak ringan. Beberapa petugas yang langsung melakukan pengecekan diantaranya, Kasi Trantribum Pipin Irawan, Waka Kasi Trantribum U.Supriatna, Tagana Redi Suparman, Kadus II Desa Mandalasari U.Saepudin, dan Anggota Satpol PP Dani Mulayana.(Adn)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed